Etnomatematika dalam Bidang Pertanian Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika

Rizki Zakiah, Yoni Sunaryo, Angra Meta Ruswana

Abstract


Matematika adalah ilmu dasar yang sudah dipelajari dibangku pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Pembelajaran matematika perlunya pembelajaran secara menarik dan inovatif. Pembelajaran yang inovatif bisa dikaitkan dengan budaya di kehidupan sehari-hari yang bisa disebut dengan etnomatematika. Etnomatematika adalah suatu aktivitas yang berunsur kebudayaan dan memiliki kaitannya dengan matematika. Namun kurangnya penggunaan kebudayaan di sekolah yang membuat pembelajaran menjadi tidak menarik. Penelitian ini dilakukan yang bertujuan untuk mencari konsep-konsep matematika pada aktivitas masyarakat yang dijadikan sebagai sumber pembelajaran salah satunya aktivitas di bidang pertanian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis eksploratif dengan menggunakan etnografi. Instrumen yag digunakan yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara dan dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sumber pembelajaran matematika yaitu 1) Didalam bidang pertanian terdapat aktivitas yang memiliki unsur-unsur matematika diantaranya menghitung, mengukur, mengelompokkan dan merancang. 2) Dalam proses penanaman padi terdapat aktivitas yang memiliki unsur matematika yaitu geometri pada proses pembuatan garis 3) Dalam proses pemanenan padi yang dilakukan secara tradisional menggunakan pangebuk terdapat konsep matematika yaitu dari hasil padi yang diperoleh dan hasil pendapatan dari awal penanaman hingga pemanenan.

Keywords


Etnomatematika; Konsep Matematika; Pertanian Padi

Full Text:

PDF

References


Firdaus, B. A., Widodo, S. A., Taufiq, I., & Irfan, M. (2020). Studi Etnomatematika: Aktivitas Petani Padi Dusun Panggang. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 85–92. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.983

Lubis, A. N. M. T., & Widada, W. (2020). Kemampuan Problem Solving Siswa melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 127–133.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405

Rapa, L. G., & Ramadhan, N. R. (2022). OPEN ACCESS EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA

TERHADAP MAKANAN KHAS TORAJA Ethnomathematic Exploration Of Toraja ’ s Special Food Abstrak. 11(September), 123–131. https://doi.org/10.22487/j24775185.2021.v10.i1.pp-pp

Suprayo, T., & Noto, M. S. (2018). Studi Etnomatematika Masyarakat Petani Kabupaten Cirebon.

–54.

Wahyudi, T., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan Soal Penalaran Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Budaya Lampung. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 1–14. https://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/4300


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh