ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI HIMPUNAN

Putri Pratiwi, Angra Meta Ruswana, Ida Nuraida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi himpunan. Kemampuan representasi matematis yang diteliti meliputi kemampuan representasi gambar, simbolik dan verbal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa kelas VII A MTs Al-Ishlah Gandrungmangu. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek-1 mempunyai (1) Pictorial Representation (Representasi Gambar) yang sudah baik dalam menyelesaikan soal himpunan, (2) Symbolic Representation (Representasi Simbolik) yang baik, dan (3) Verbal Representation (Representasi Verbal) yang baik. Subjek-2 mempunyai (1) kemampuan representasi visual yang sudah baik dalam menyelesaikan soal himpunan, (2) Symbolic Representation (Representasi Simbolik) masih tergolong kurang baik, dan (3) Verbal Representation (Representasi Verbal) masih kurang.

Full Text:

PDF

References


Destiana, D., Muslim, S. R., & Rustina, R. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Tipe Kepribadian Artisan dan Idealist. Jurnal Kongruen, 1(1), 48–54.

Hasbi, M., Harahap, A. N., & Harahap, H. H. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Demontrasi Berbantuan Lembarkerja Siswa ( Lks ) Di Kelas Vii Smp Negeri 9 Padangsidimpuan Tahun. 3, 43–47.

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 99–110. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.177

Nuraida, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Adaptive Reasoning Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 25–32. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.338

Rizqi, M. M., Wijayanti, D., & Basir, M. A. (2021). Analisis Buku Teks Matematika Materi Himpunan Menggunakan Model Prakseologi. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 57. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1226

Ruswana, A. M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC). Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 91. https://doi.org/10.33394/j-ps.v7i1.1424

Utami, N. A., Murtianto, Y. H., & Nizaruddin, N. (2020). Profil kemampuan representasi matematis ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 274–285. https://doi.org/10.26877 aks.v11i2.6501

Sri, I., & Indriati, H. S. (2019). Representasi mahasiswa berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah program linier. Jurnal Inovasi, 18(1).

Handayani, H. (2015). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan representasi matematis siswa sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(1), 142-149.

Fatqurhohman, F. (2016). Representasi Matematis dalam Membangun Pemahaman Konsep Pecahan. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh