PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Fathimah Nurul Azizah, Asep Amam, Ai Tusi Fathimah

Abstract


Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa yang menyebabkan mereka tidak dapat menyelesaikan soal matematika yang memerlukan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan proses pengolahan data yang menggunakan pengetahuan, penalaran, dan bukti matematik untuk memecahkan suatu permasalahan dalam pembelajaran matematika. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut, guru harus bisa memilih model pembelajaran yang tepat sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran think pair share (TPS) karena kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa sehingga siswa tidak pasif pada saat pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji terkait penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Adapun untuk metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur. Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan model pembelajaran think pair share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Astriani, N. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Kelas Vii C Smp Negeri 11 Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56.

Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Rofiqul, U. M. A. M. (2019). Probingprompting based on ethnomathematics learning model: The effect on mathematical communication skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799-814.

Rahmawati, M., Chasanatun, F., & Sholikhah, O. H. (2022). Penerapan model think pair share dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 622–630. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID.

Olo, M. R., Mamoh, O., & Simarta, J. E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps). MATH- EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8. https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.1046.

Pangemanan, N. (2021). Penerapan Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi, dan Hasil Belajar Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(2), 68–73. https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.26822.

Rohani, R., Ahmad, M., Lubis, I. S., & Nasution, D. P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 504. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4408.

Samosir, S., Sihombing, B., & Purba, Y. O. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Kelas VIII di SMP N 12 Pematang Siantar.

Innovative: Journal Of Social …, 4, 3561–3575. http://jinnovative.org/index.php/Innovative/article/view/8302.

Saputra, H. (2020). “ Kemampuan Berfikir Kritis Matematis .” April, 1–7.

Sari, D. T., & Wardani, D. K. (2015, November). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekonomi di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis.

Siregar, M. H. (2021). Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dalam Meningkatkan Berpikir Kritis dan Akademik Siswa. Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 270– 280.

Solihah, S. (2019). Diterima: 26 Maret 2019 Cara sitasi: Solihah, S. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa MTs dengan Menggunakan Metode Brain-Based Learning. Jurnal Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(1), 55–64.

Wulandari, W., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship Dan Quantity. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 439. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7233.

Zulherman, A. R., & Pratiwi, M. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectuality, Repetition (AIR) untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.4(4).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh