PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Andre Purwanto, Asep Amam, Ai Tusi Fathimah

Abstract


Pendekatan kontekstual memungkin guru untuk menghubungkan antara kehidupan sehari-hari dengan materi yang sedang dipelajari, supaya memudahkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini menggunkan metode studi literatur yang bertujuan mengetahui penerapan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika. Adapun hasil penelitian ini menujukan bahwa penerapan pendekatan kontekstual memberikan dampak positif bagi siswa baik mengenai hasil belajar maupun respon siswa terhadap proses pembelajaran, dan penerapan pendekatan kontekstual memunculkan kepercayaan diri siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematis, tak hanya itu penerapan pendekatan kontekstual memberikan kesempatan bagi siswa membuat hubungan-hubungan antara sekolah dan berbagai konteks yang ada dalam kehidupan nyata.

Full Text:

PDF

References


Amir, Z., & Mulyani, F. R. (2019). Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model CTL Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dan Self Efficacy Siswa. Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika, 1(2), 2656–2375.

Arafani, E. L., Herlina, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematik Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 323–331.

Arini, N. L. P. D., & Agustika, G. N. S. (2021). Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 50–59.

Awal, Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sulabesi Tengah Yani Awal STKIP Kie Raha Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 295–305.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre- Print Digital Library, 1–6.

Gustina, L., Rusdi, R., & Siagian, T. A. (2020). Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas vii smpn 9 kota bengkulu 1,2,3. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 416–424.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90–100.

Hidayat, A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Sebagai Manifestasi Tujuan Pembelajaran Matematika SD. Seminar Nasional Pendidikan.

Meilani, E., Triananda, S. F., & Rustini, T. (2023). Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Jenis Pekerjaan Penduduk Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30809–30814.

Murdiana, I. N. (2015). Pembelajaran Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Putra, Y. A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Jenjang MI/SD. Jurnal Pendidikan Dan Riset, 1(1), 70–76.

Rai, N. L. (2019). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 3(2), 131–140.

Riyanti, T. D., Tampunolon, B., & Kresnadi, H. (2013). PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 02 PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 02. FKIP Universitas Tanjungpura.

Widyaputri, P. N. S., & Agustika, G. N. S. (2021). Media Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Pecahan dengan Pendekatan Kontekstual. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 45–52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh