Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Soal Cerita berdasarkan Tingkatan Tinggi Sedang dan Rendah

Dian Saputri, Lala Nailah Zamnah, Angra Meta Ruswana

Abstract


ABSTRAK :Kemampuan Komunikasi matematis adalah kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan ide matematika dalam bentuk gambar, simbol atau model matematika dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita, dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan siswa yang dibagi menjadi tinggi, sedang, dan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil analisis bahwa siswa yang memiliki tingkatan kemampuan yang tinggi mampu memenuhi indikator yang digunakan dengan baik dan jelas, siswa yang memiliki tingkatan kemampuan sedang hampir memenuhi indikator yang digunakan hanya saja terkadang menghadapi kesulitan dalam mengkomunikasikan ide-ide pemikiran matematis mereka, sedangkan siswa dengan tingkatan kemampuan rendah kurang dalam memenuhi indikator karena sering menghadapi kesulitan dalam mengkomunikasikan pemikiran matematis mereka dengan jelas dan sistematis.

Full Text:

PDF

References


Ariestina, M. P., Yunarti, T., & Sutiarso, S. (2014). ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA. 19(2).

Dianti, A. P., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas Iv Sd Negeri Petir 4 Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.44

Elfawati. (2017). Meningkatkan Pengenalan Bangun Datar Sederhana Melalui Media Puzzle Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 198–207. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Losi, N. T., Mukhtar, M., & Rajagukguk, W. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra ditinjau dari Gender. Paradikma:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 88–95. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.27136

Nugroho, S. (2011). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA UNTUK BAHASAN LUAS BANGUN DATAR MELLUI METODE DISCOVERY. In http://repository.upi.edu. Universitas Pendidikan Indonesia.

Yulyantika, H., Syaban, M., & Ridha, M. . (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Number Heads Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 19–28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh