PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Arsita Aulia Oktaviani, Ida Nuraida, Lala Nailah Zamnah

Abstract


Artikel ini mengeksplorasi pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadapkemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dengan desain post-test control group design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitukelompok eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dan kelompok kontrol yang diajarmenggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan koneksi matematis yang valid danreliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan koneksi matematispada kedua kelompok setelah intervensi pembelajaran. Namun, kelompok eksperimen yang diajar dengan model STADmenunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini mengindikasikan bahwapenerapan model STAD secara efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam mengaitkan konsep-konsep matematisyang terkait dengan materi bangun ruang sisi datar. Temuan ini memiliki implikasi penting dalam konteks pengembanganpembelajaran matematika yang berfokus pada pengembangan kemampuan koneksi konsep. Diharapkan, modelpembelajaran STAD dapat diintegrasikan lebih lanjut dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahamandan keterampilan siswa dalam memahami hubungan antar konsep matematis.

Full Text:

PDF

References


Bergeson, T. (2000). Teaching and Learning Mathematics: Using Research to Shift From the “Yesterday” Mind to the “Tommorow” Mind. (Online). (www.k12.wa.us.diakses tanggal 20 April 2014)

Davidson, Neil. (1990). Small Group Cooperatif Learning in Mathematics. (online). (www2.potsdam.edu/straigdc/Davidson.pdf. diakses tanggal 14 Juni 2014)

Fazriah, R. S., Toto, T., & Nuraida, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smk Melalui Model Group Investigation Dengan Strategi Scaffolding. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 125. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6211

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics Overview. In The Arithmetic Teacher (Vol. 29, Nomor 5). https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58– 67.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh