Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Muhammad Muhibbudien, Ida Nuraida, Adang Effendi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan peserta didik yang menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini akan melibatkan 30 siswa kelas VIII MTs Terpadu Riyadlul Hidayah Al-Munawwarah. Sampelnya terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII A yang berjumlah 15 siswa sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan realistic mathematics education (RME), dan kelas VIII B yang berjumlah 15 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Metode sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang telah dipastikan sebelumnya bahwa semua kelas homogen. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) menunjukkan kemampuan koneksi matematis yang jauh lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Temuannya menunjukkan bahwa pendekatan realistic mathematics education (RME) meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Studi ini menyoroti pentingnya memasukkan pendekatan realistic mathematics education (RME) ke dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Jurnal Pendidikan Matematika, F., & Apriyono IAIN Jember, F. (2016). Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender (Vol. 5, Issue 2). http://e-mosharafa.org/Jurnal"

Khofya Arghob. (2018). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika.

Nurhanifah, S., Effendi, A., & Nuraida, I. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Blended Learning Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. In Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) (Vol. 2, Issue 3).

OECD PISA Results. (2022). Comparing countries’ and economies’ performance in mathematics Statistically above the OECD average from the OECD average Statistically below the OECD average PISA 2022 Results.

Purnama, A. N., Agus, I., & Halistin. (2023). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 1–9.

Sumiati, O., Irfan, A. M., Asfar, T., Muhamad, A., & Asfar, I. A. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Local Wisdom. In Cetak) Journal of Innovation Research and Knowledge (Vol. 1, Issue 5). Online.

Susanto, I., & Rabbani, S. (2022). Pembelajaran Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Penjumlahan Pecahan Siswa SD Kelas IV dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Journal of Elementary Education, 5(6), 1205–1210.

Wismayani, K., Kurniati, N., & Sarjana, K. (2023). Pengaruh pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTs Al- Aziziyah Putri Kapek Gunungsari. Maret 2023 Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 76.

https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh