MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Alba Maulidina, Adang Effendi, Yoni Sunaryo

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan siswa yang menggunakan pengetahuan dan keterampilan dalam menyelesaikan berbagai persoalan matematis yang dihadapinya. Penerapan model pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dimana kegiatan pembelajaran akan berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji terkait model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Adapun hasil kajian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp.Teorema, 2(1), 39–41. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765.

Angkotasan, N. (2014). Keefektifan Model Problem-Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.33387/dpi.v3i1.122.

Hadi, S., & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603

Harahap, I. H. (2017). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar dengan Pembelajaran Berbasis masalah. 2(2), 21–36.

Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1526–1539. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.579.

Pramudita, M. D., Ambarwati, L., & Hidajat, F. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Kristen Kasih Kemuliaan pada Materi SPLTV. Journal on Education, 5(4), 13783– 13788. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2391.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 82–90. http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm.

Qifari, A. O. Al, Fatimah, A. T., & Zakiah, N. E. (2023). Peningkatan Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving. J-KIP (Jurnal

Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(3), 646–657. https://jurnal.unigal.ac.id/J- KIP/article/view/11677.

Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Maju, 8(2), 60–66. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.6105.

Rahmadila, Permana, D., Musdi, E., & Suherman. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan E-Module untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 26–37. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13207.

Rustina, R., & Anisa, W. N. (2018). Kontribusi Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v1i1.4968.

Setiani, A. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Mengurangi Kecemasan Matematika dan Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 135–148. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.25.

Siagian, M. V. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran PBM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Terapan Informatika Nusantara, 1(11), 551–556. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.4642.

Wulandari, N. A. D. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Lingkaran menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas VIII SMP Negeri 2 Tlogomulyo Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 4(2), 8–15. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i2.99.

Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matenatika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 118–129. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/3696/1937.

Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445–452. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452.

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.25157/.v1i2.549.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh