KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DAN QUANTITY

Yayu - Susilawati, Nur Eva Zakiah, Ida Nuraida

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan soal matematika model PISA (Programme for International Student Assesment) dengan konten Change and Relationship (Perubahan dan Hubungan) dan Quantity (Bilangan). Jenis penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian yaitu soal PISA dengan menggunakan konten change and relationship dan quantity yang telah dikembangkan oleh peneliti dari komentar dan saran validator. Kata kunci: Pendidikan matematika, literasi matematika, PISA, change and relationship, quantity.

Full Text:

PDF

References


Ariyatma, A. M., Ningtyas, Y. D. W. K., & Galatea, C. K. (2022). Pengembangan soal matematika model programme for international student assessment (PISA) konten quantity dalam konteks budaya Jember. 11(2), 164–179.

Contractor, C. A. (2023). PISA 2022 Released Main Survey New Mathematics Items. June. Council, A., Linguistic, A., Control, Q., Service, E. T., & Education, M. (2013). PISA 2012 Released Mathematics Items.

Jurnaidi, & Zulkardi. (2013). Pengembangan soal model PISA pada konten change and relationship untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7.

Mesra, R., Salem, V. E. T., Polii, Y. D. A. S., Wisudariani, N. M. R., Sarwandi, Sari, R. P., Yulianti, R., Nasar, A., Yenita, Y., & Santiari, N. P. L. (2023). Research and Development dalam pendidikan (M. Jannah (ed.)). PT. Mifandi Mandiri Digital.

OECD. (2022). PISA 2022 Mathematics Framework.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) : The State of Learning and Equity in Education. In Pisa 2022: Vol. I. https://doi.org/10.31244/9783830998488 PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–

https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Putra, Y. Y., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konten Bilangan untuk Mengetahui Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Elemen, 2(1), 14. https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.175

Rauf, A., Fitriasari, P., & Mulbasari, A. S. (2022). Pengembangan Soal Matematika Model PISA dengan Menggunakan Konteks Budaya Palembang. 10(2), 265–276 . https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.11761

Satiti, S., Listikawati, M., Matematika, S. P., Kh, U., Hasbullah, A. W., Studi, P., Matematika, P., Kh, U., & Hasbullah, A. W. (2021). Soal model PISA konten uncertainty & data untuk menunjang literasi matematis peserta didik SMP/ MTs. 07(01), 34–43.

Zainudin, M. (2022). Strategi Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 9(2), 107–124.http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Zakiah, N. E. (2017). Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 27 . https://doi.org/10.25157/teorema.v1i1.125

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh