Gaya Belajar Honey Mumford: Tinjauan Literatur dan Rekomendasi untuk Pengajar

Masnia Masnia, Emy Sohilait, Hafsah Adha Diana

Abstract


Permasalahan urgensi dalam pendidikan adalah pemahaman yang kurang mendalam tentang gaya belajar yang efektif bagi setiap individu. Gaya belajar Honey Mumford menawarkan kerangka yang komprehensif untuk memahami berbagai tipe gaya belajar, namun penerapan dan pemahaman yang kurang mendalam di kalangan pengajar masih menjadi kendala utama. Artikel ini bertujuan untuk meninjau literatur terkait gaya belajar Honey Mumford serta memberikan rekomendasi praktis bagi pengajar untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah tinjauan pustaka dengan menganalisis berbagai penelitian yang telah dilakukan mengenai gaya belajar Honey Mumford. Penelitian ini mengidentifikasi empat tipe gaya belajar yang dikemukakan oleh Honey Mumford, yaitu Aktivis, Reflektif, Teoris, dan Pragmatis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan dan penerapan gaya belajar yang tepat dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada sintesis temuan-temuan terbaru dan penyediaan rekomendasi praktis yang dapat langsung diterapkan oleh pengajar di berbagai tingkat pendidikan. Dampak dari hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pengajar akan pentingnya memahami dan menerapkan gaya belajar yang sesuai, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa.

Full Text:

PDF

References


Bhalli, M. A., Khan, I. A., & Sattar, A. (2016). Learning style of medical students and its correlation with preferred teaching methodologies and academic achievement. Journal of Ayub Medical College Abbottabad, 27(4), 837–842.

Brown, A., Lawrence, J., Basson, M., & Redmond, P. (2022). A conceptual framework to enhance student online learning and engagement in higher education. Higher Education Research & Development, 41(2), 284–299.

Cassidy*, S. (2004). Learning styles: An overview of theories, models, and measures. Educational psychology, 24(4), 419–444.

Chan, S. C. H., & Mak, W. (2010). The use of learning styles questionnaire in Macao. Industrial and Commercial Training, 42(1), 41–46.

Clark, D., & Talbert, R. (2023). Grading for growth: A guide to alternative grading practices that promote authentic learning and student engagement in higher education. Taylor & Francis.

Creswell, J. W. (2014). Research design qualitative quantitative and mixed methods approaches (p. 398).

Czepula, A. I., Bottacin, W. E., Hipólito Jr, E., Baptista, D. R., Pontarolo, R., & Correr, C. J. (2016). Predominant learning styles among pharmacy students at the Federal University of Paraná, Brazil. Pharmacy Practice (Granada), 14(1), 0.

Drissi, S., & Amirat, A. (2016). An adaptive E-learning system based on student’s learning styles: An empirical study. International Journal of Distance Education Technologies (IJDET), 14(3), 34–51.

Duff, A., & Duffy, T. (2002). Psychometric properties of honey & Mumford’s learning styles questionnaire (LSQ). Personality and individual differences, 33(1), 147–163.

El-Sabagh, H. A. (2021). Adaptive e-learning environment based on learning styles and its impact on development students’ engagement. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 53.

Fleming, S., Mckee, G., & Huntley-Moore, S. (2011). Undergraduate nursing students’ learning styles: A longitudinal study. Nurse education today, 31(5), 444–449.

Franzoni, A. L., Assar, S., Defude, B., & Rojas, J. (2008). Student learning styles adaptation method based on teaching strategies and electronic media. 2008 Eighth IEEE International Conference on Advanced Learning Technologies, 778–782.

Honey, P., & Mumford, A. (1986). The manual of learning styles. Peter Honey.

Katsaris, I., & Vidakis, N. (2021). Adaptive e-learning systems through learning styles: A review of the literature. Advances in Mobile Learning Educational Research, 1(2), 124–145.

Lee, L. (2023). Expectations and Effectiveness of Preschool Teacher Training Program: A Case Study of Teacher Training Course for the Holistic Music Educational Approach for Young Children. SAGE Open, 13(4), 21582440231215130.

Pashler, H., McDaniel, M., Rohrer, D., & Bjork, R. (2008). Learning styles: Concepts and evidence. Psychological science in the public interest, 9(3), 105–119.

Wilkinson, T., Boohan, M., & Stevenson, M. (2014). Does learning style influence academic performance in different forms of assessment? Journal of anatomy, 224(3), 304–308.

Yousef, D. A. (2018). Learning style preferences of undergraduate students: The case of the American University of Ras Al Khaimah, the United Arab Emirates. Education+ Training, 60(9), 971–991.

Yousef, D. A. (2019). Exploring the reliability and validity of the learning styles questionnaire (LSQ) in an Arab setting. Quality Assurance in Education, 27(4), 446–464.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh