MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afwa, C. N., Astuti, E. P., & Purwaningsih, W. I. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis PjBL Untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Matematika Ilmiah, 9(2), 78–89.
Agoestanto, A., & Rinawati, M. S. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Realistics Mathematics Education. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 204–208. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Ainurrizqiyah, Z., Mulyono, & Sutarto, H. (2015). Keefektifan Model PjBL Dengan Tugas Creative Mind Map Untuk Meningkatkan Koneksi Matematik Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME), 4(2), 172–179. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme
Febriyanti, F., Bagaskorowati, R., & Makmuri, M. (2019). The Effect of The Realistic Mathematics Education (RME) Approach and The Initial Ability of Students on The Ability of Student Mathematical Connection. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(3). https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i3.2117
Kafah, A. K. N., Efianingrum, A., Kholifah, L., Pangestu, A., & Sugara, U. (2024). Teaching at the Right Level-based Project-based Learning on Mathematical Connections of Fourth Grade Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 8(2), 314–323. https://doi.org/10.23887/ijee.v8i2.73250
Kartika, Y. K., Pujiastuti, E., & Soedjoko, E. (2019). The Effectiveness of Project Based Learning With Creative Mind-Map Tasks For Improving Mathematical Connection Ability and Student Curiosity. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(2), 145–151. https://doi.org/10.15294/ujme.v8i2.31937
Kenedi, A. K., & Nelliarti. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Project Based Learning. Pros. SemNas. Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 131–136.
Kenedi, A. K., Sari, I. K., Ahmad, S., Ningsih, Y., & Zainil, M. (2019). Mathematical Connection Ability of Elementary School Student in Number Materials. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022130
Kusnandar, Junaedi, I., & Suyitno, A. (2021). The Effectiveness of Project-Based Learning Assisted By Digital Module Toward Mathematical Connection Ability. Journal of Physics: Conference Series, 4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042126
Lestari, A. Y., Imswatama, A., & Mulyanti, Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Koneksi Matemais Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Basicedu, 8(1), 196–205. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6958
Lestari, N., Zakiah, N. E., & Solihah, S. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Ditinjau Dari Self-Efficacy. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 93–102.
Ni’mah, A., Mariani, S., & Prabowo, A. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Enterpreneurship Siswa SMK Dalam Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Terintegrasi STEM. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 100–113.
Nurmayanti, Miliyawati, B., & Ar Rahmah, M. (2019). Peningkatan kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 60–67.
PISA. (2018). https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
PISA. (2022). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Rahmadhani, R., & Wiratomo, Y. (2024). Studi Literatur: Pendekatan Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Media Akademik (JMA), 2. https://doi.org/10.62281
Raitu, H., & Kurniawan, A. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Dengan Tugas Creative Mind Map Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Media Pendidikan Matematika (J-MPM), 4(2), 57–63.
Rizka, S., Mastur, Z., & Rochmad. (2014). Model Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2), 72–78. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Ruswana, A. M. (2016). Penerapan Pembelajaran Peer Instruction With Structured Inquiry (PISI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(1).
Sajadi, M., Amiripour, P., & Malkhalifeh, M. R. (2013). The Examinig Mathematical Word Problems Solving Ability under Efficient Representation Aspect. Mathematics Education Trends and Research, 2013, 1–11. https://doi.org/10.5899/2013/metr-00007
Solihah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa MTs dengan Menggunakan Metode Brain-Based Learning. Jurnal Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(1), 55–64.
Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1.
Winarlis, & Hasanuddin. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Project Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pekanbaru. Journal for Research in Mathematics Learning, 2(4), 297–304.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
