MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

Reina Stevany Arifin, Sri Solihah, Angra Meta Ruswana

Abstract


Kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan siswa untuk menghubungkan konsep-konsep matematika, mempelajarinya dengan ilmu lain, serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Banyak siswa kesulitan membangun hubungan antar konsep matematika karena pembelajaran yang terfragmentasi. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat terlibat aktif dan dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematisnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji beberapa artikel ilmiah terkait dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.

Keywords


Kemampuan Koneksi Matematis, Project Based Learning (PjBL)

Full Text:

PDF

References


Afwa, C. N., Astuti, E. P., & Purwaningsih, W. I. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis PjBL Untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Matematika Ilmiah, 9(2), 78–89.

Agoestanto, A., & Rinawati, M. S. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Realistics Mathematics Education. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 204–208. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Ainurrizqiyah, Z., Mulyono, & Sutarto, H. (2015). Keefektifan Model PjBL Dengan Tugas Creative Mind Map Untuk Meningkatkan Koneksi Matematik Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME), 4(2), 172–179. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme

Febriyanti, F., Bagaskorowati, R., & Makmuri, M. (2019). The Effect of The Realistic Mathematics Education (RME) Approach and The Initial Ability of Students on The Ability of Student Mathematical Connection. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(3). https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i3.2117

Kafah, A. K. N., Efianingrum, A., Kholifah, L., Pangestu, A., & Sugara, U. (2024). Teaching at the Right Level-based Project-based Learning on Mathematical Connections of Fourth Grade Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 8(2), 314–323. https://doi.org/10.23887/ijee.v8i2.73250

Kartika, Y. K., Pujiastuti, E., & Soedjoko, E. (2019). The Effectiveness of Project Based Learning With Creative Mind-Map Tasks For Improving Mathematical Connection Ability and Student Curiosity. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(2), 145–151. https://doi.org/10.15294/ujme.v8i2.31937

Kenedi, A. K., & Nelliarti. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Project Based Learning. Pros. SemNas. Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 131–136.

Kenedi, A. K., Sari, I. K., Ahmad, S., Ningsih, Y., & Zainil, M. (2019). Mathematical Connection Ability of Elementary School Student in Number Materials. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022130

Kusnandar, Junaedi, I., & Suyitno, A. (2021). The Effectiveness of Project-Based Learning Assisted By Digital Module Toward Mathematical Connection Ability. Journal of Physics: Conference Series, 4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042126

Lestari, A. Y., Imswatama, A., & Mulyanti, Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Koneksi Matemais Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Basicedu, 8(1), 196–205. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6958

Lestari, N., Zakiah, N. E., & Solihah, S. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Ditinjau Dari Self-Efficacy. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 93–102.

Ni’mah, A., Mariani, S., & Prabowo, A. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Enterpreneurship Siswa SMK Dalam Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Terintegrasi STEM. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 100–113.

Nurmayanti, Miliyawati, B., & Ar Rahmah, M. (2019). Peningkatan kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 60–67.

PISA. (2018). https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

PISA. (2022). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Rahmadhani, R., & Wiratomo, Y. (2024). Studi Literatur: Pendekatan Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Media Akademik (JMA), 2. https://doi.org/10.62281

Raitu, H., & Kurniawan, A. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Dengan Tugas Creative Mind Map Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Media Pendidikan Matematika (J-MPM), 4(2), 57–63.

Rizka, S., Mastur, Z., & Rochmad. (2014). Model Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2), 72–78. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Ruswana, A. M. (2016). Penerapan Pembelajaran Peer Instruction With Structured Inquiry (PISI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(1).

Sajadi, M., Amiripour, P., & Malkhalifeh, M. R. (2013). The Examinig Mathematical Word Problems Solving Ability under Efficient Representation Aspect. Mathematics Education Trends and Research, 2013, 1–11. https://doi.org/10.5899/2013/metr-00007

Solihah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa MTs dengan Menggunakan Metode Brain-Based Learning. Jurnal Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(1), 55–64.

Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1.

Winarlis, & Hasanuddin. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Project Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pekanbaru. Journal for Research in Mathematics Learning, 2(4), 297–304.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh