Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan multimedia interaktif

Humaeroh Widaningrum, Asep Amam, Nur Eva Zakiah

Abstract


Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa untuk menyampaikan ide-ide matematika, baik secara lisan maupun tertulis. Kemampuan ini dapat dikembangkan melalui berbagai proses pembelajaran di sekolah, terutama melalui pembelajaran matematika. Salah satu cara untuk meningkatkan Kemampuan komunikasi matematis yaitu dengan menggunakan multimedia interaktif. Dengan menggunakan multimedia interaktif bertujuan untuk mempermudah dan meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan lebih baik dan membantu siswa memahami materi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji artikel melalui repositori digital yaitu Google Scholar yang bertujuan untuk menganalisa beberapa usaha yang telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan multimedia interaktif. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan Multimedia interaktif memberikan dampak positif bagi siswa dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran matematika lebih efektif dan memudahkan siswa memahami materi sehingga pembelajaran yang didesain dapat mendukung siswa untuk sepenuhnya aktif dalam mengeksplorasikan gagasan atau idenya yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa. 

Keywords


Kemampuan komunikasi matematis, multimedia interaktif

Full Text:

PDF

References


Ali, M., Stkip, R., & Hikmah, A. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi, 5(1).

Angraini, L. M., & Hardi, V. A. (2023). The Effect of Interactive Multimedia Based Learning on Students’ Mathematical Communication Ability. Jurnal Paedagogy, 10(1), 167. https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.5622

Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.

Handoko, H., Matematika, T., Syekh, I., Cirebon, N., Perjuangan, J., Sunyaragi, P., & Cirebon, K. (2017). Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X (Vol. 6, Issue 1).

Hidayat, S. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progres Pendidikan, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.57

Nursamsih Lubis, R., & Rahayu, W. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7.

Purnamasari, S., & Herman, T. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis, Serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar (Vol. 8, Issue 2).

Sina, I., Farlina, E., Sukandar, S., & Kariadinata, R. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 57. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.5081

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63

Solihah, S., Amam, A., & Zakiah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Serta Self Confidence Siswa Dengan Menggunakan Model Brain-Based Learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 48. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4490

Wahyuni, P., & Yolanda, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbantuan Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. 05(0), 3284–3294.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh