EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI MELALUI PROSES PEMBUATAN GALENDO

Amelia Putri Kusumah, Angra Meta Ruswana, Yoni Sunaryo

Abstract


Kekayaan budaya lokal Indonesia, seperti proses pembuatan galendo di Kabupaten Ciamis yang sarat nilai tradisional dan mengandung konsep matematika bisa dimanfaatkan untuk mengaitkan pelajaran matematika dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi dan memetakan konsep matematika yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai dalam proses pembuatan galendo, serta menelaah potensi pemanfaatannya dalam pembelajaran matematika yang kontekstual. Eksplorasi ini terbatas pada materi matematika perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai jenjang SMP/Fase D kelas 7 sesuai dengan elemen capaian pembelajaran kurikulum merdeka melalui proses pembuatan galendo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Tempat penelitian dilakukan di Pabrik Galendo Ciamis, Jawa Barat, Indonesia. Data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara setelah itu dianalisis dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan dari penelitian ini terdapat materi perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai pada proses pembuatan galendo. Dengan demikian, aktivitas pembuatan Galendo dapat dieksplorasi sebagai referensi media pembelajaran matematika yang kontekstual dengan kehidupan sehari-hari.

Keywords


Eksplorasi, Galendo, Konsep Matematika, Perbandingan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A., & Ashari, N. W. (2025). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Balla Lompoa Doman Kale Balla. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 90–99. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4904

Chusmeru. (2020). Makna Komunikasi Di Balik Makanan Tradisional. Acta Diurna, 16. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2020.16.1.2338

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi (Vol. 8, Issue 2).

Kumala, F. Z. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Pembuatan Tahu Khas Kalisari Kabupaten Banyumas Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika (Vol. 5, Issue 1).

Mardiana, A. (2024). Buku Pintar Belajar Perbandingan. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31870

Nurhayaty, M. (2022). Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) 7P di PD Rasa Galendo Kabupaten Ciamis. JMT Jurnal Media Teknologi, Vol. 08 No. 02.

Nurhayaty, M., & Orshella, D. D. (2020). Penentuan Lokasi Sentra IKM Galendo untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kabupaten Ciamis. Jurnal Media Teknik & Sistem Industri, 4(1), 25 29. https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jmtsi.v4i1.745

Sholihin, A., Faudati, M., Septiyani, I. F., Dewi, N. A. K., & Irfan, M. (2024). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas V. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 8.

Suparno, Alfikar, G., Santi, D., & Yosi, V. (2018). Mempertahankan Eksistensi Budaya Lokal Nusantara Di Tengah Arus Globalisasi Melalui Pelestarian Tradisi Gawai Dayak Sintang. 3(1), 43.

Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley (Etnografi). https://www.researchgate.net/publication/323557072

Yustina, A., Susanti, M. M. I., & Rustamti, M. I. (2021). Peningkatan Kedisiplinan Dan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Kontekstual. Elementary : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.51878/elementary.v1i3.297

Zakiah, R., Sunaryo, Y., & Ruswana, A. M. (2023). Etnomatematika Pada Bidang Pertanian dan Makannan Khas “Galendo” Sebagai Sumber Pemebelajaran Matematika. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 658–665.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh