Peran Etnomatematika dalam Mengangkat Kearifan Lokal ke dalam Dunia Pendidikan

Repita Wulansari, Adang Effendi, Lala Nailah Zamnah

Abstract


Artikel ini membahas peran etnomatematika dalam mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran matematika. Etnomatematika, yang mengajarkan konsep matematika dengan budaya lokal, memberikan pendekatan yang lebih kontekstual dan bermakna bagi siswa. Penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami matematika ketika materi pelajaran tidak berhubungan dengan realitas budaya mereka. Dengan menggunakan pendekatan studi literatur, artikel ini merangkum hasil-hasil penelitian yang menunjukkan bahwa integrasi etnomatematika dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika, serta menumbuhkan motivasi dan minat belajar yang lebih tinggi. Selain itu, pendekatan ini juga berperan dalam memperkuat identitas budaya dan karakter siswa, menjadikannya sebagai strategi pelestarian budaya yang efektif. Dengan demikian penerapan etnomatematika dalam pendidikan tidak hanya fokus pada pencapaian akademik, tetapi juga pada pembangunan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.

Keywords


etnomatematika, kearifan lokal, pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1.https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75

Arisetyawan, A., & Supriadi. (2019). Pentingnya Pembelajaran Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Dan Bagaimana Mendisain Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Basicedu, 3(2), 621–626. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.47

Chrissanti, M. I. (2019). Etnomatematika sebagai salah satu upaya penguatan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2018), 243–252.https://doi.org/10.33654/math.v4i0.191

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589

Lestari, A. P., Kusumaningrum, D. S., Nurapriani, F., Buana, U., Karawang, P., Artikel, I., Datar, B., & Sunda, R. T. (2024). Integrasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Bangun Datar Segi Empat Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika. 4(2), 161–171.

Mahmudah, U., & Arif, S. (2022). Etnomatematika Sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Mengintegrasikan Nilai Kearifan Lokal dan Konsep Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 6(2), 173–183. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v6i2.1041

Mariana, D. (2024). Eksplorasi Kearifan Lokal melalui Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 861–867.https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2510

Rahmawati, Y., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942

Ramadan, N., & Astuti, H. P. (2023). Etnomatematika Kesenian Rampak Bedug Dan Keterkaitanya Pada Pembelajaran Matematika. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 98–104.https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.482

Ruswana, A. ., & Zamnah, L. . (2023). Pengenalan Etnomatematika kepada Anak-Anak di Lingkungan Keluruhan Kertaharja. Journal of Community Service (JCOS), 1(2), 1–6. https://journals.eduped.org/index.php/jcos/article/view/261

Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397–413. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1183

Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. (2021). Integrasi Kearifan Lokal Pada Pembelajaran di SD Melalui Etnomatematika dan Etnosains (Ethnomathscience). Dinamisia : Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat, 5(2), 335–341. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5243

Widyastuti, M. (2021). Peran Kebudayaan Dalam Dunia Pendidikan THE ROLE OF CULTURE IN THE WORLD OF EDUCATION. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v1i1.810

Zaenuri, & Dwidayati, N. (2018). Exploring ethnomathematics: mathematics as a cultural product. Prisma, proceedings of the national mathematics seminar,. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 471–476. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0Ahttps://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/249%0Ahttps://sinta.ristekbrin.go.id/journals/detail?id=146

Zayyadi, M. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.259


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh