Peran Etnomatematika dalam Mengangkat Kearifan Lokal ke dalam Dunia Pendidikan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1.https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75
Arisetyawan, A., & Supriadi. (2019). Pentingnya Pembelajaran Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Dan Bagaimana Mendisain Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Basicedu, 3(2), 621–626. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.47
Chrissanti, M. I. (2019). Etnomatematika sebagai salah satu upaya penguatan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2018), 243–252.https://doi.org/10.33654/math.v4i0.191
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589
Lestari, A. P., Kusumaningrum, D. S., Nurapriani, F., Buana, U., Karawang, P., Artikel, I., Datar, B., & Sunda, R. T. (2024). Integrasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Bangun Datar Segi Empat Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika. 4(2), 161–171.
Mahmudah, U., & Arif, S. (2022). Etnomatematika Sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Mengintegrasikan Nilai Kearifan Lokal dan Konsep Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 6(2), 173–183. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v6i2.1041
Mariana, D. (2024). Eksplorasi Kearifan Lokal melalui Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 861–867.https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2510
Rahmawati, Y., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942
Ramadan, N., & Astuti, H. P. (2023). Etnomatematika Kesenian Rampak Bedug Dan Keterkaitanya Pada Pembelajaran Matematika. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 98–104.https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.482
Ruswana, A. ., & Zamnah, L. . (2023). Pengenalan Etnomatematika kepada Anak-Anak di Lingkungan Keluruhan Kertaharja. Journal of Community Service (JCOS), 1(2), 1–6. https://journals.eduped.org/index.php/jcos/article/view/261
Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397–413. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1183
Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. (2021). Integrasi Kearifan Lokal Pada Pembelajaran di SD Melalui Etnomatematika dan Etnosains (Ethnomathscience). Dinamisia : Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat, 5(2), 335–341. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5243
Widyastuti, M. (2021). Peran Kebudayaan Dalam Dunia Pendidikan THE ROLE OF CULTURE IN THE WORLD OF EDUCATION. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v1i1.810
Zaenuri, & Dwidayati, N. (2018). Exploring ethnomathematics: mathematics as a cultural product. Prisma, proceedings of the national mathematics seminar,. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 471–476. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0Ahttps://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/249%0Ahttps://sinta.ristekbrin.go.id/journals/detail?id=146
Zayyadi, M. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.259
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
