Desain E-LKPD Program Linear Berbasis Masalah Kontekstual untuk Pembelajaran Matematika di SMK Farmasi
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya bahan ajar interaktif yang mengaitkan pembelajaran matematika dengan konteks keilmuan farmasi, serta kurangnya keterlibatan aktif peserta didik dalam membangun pemahaman konsep program linear. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar digital berupa E-LKPD berbasis masalah kontekstual menggunakan platform Liveworksheets yang dapat membantu peserta didik SMK Farmasi belajar secara aktif dan bermakna. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang dibatasi hingga tahap validasi, yaitu tahap analysis, design, dan development. Penilaian kelayakan E-LKPD didasarkan pada validasi oleh ahli materi dan ahli media. Data validitas dikumpulkan menggunakan instrumen angket dan dianalisis dengan teknik analisis persentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan berada pada kategori sangat layak, dengan persentase penilaian sebesar 98,33% dari ahli materi dan 98% dari ahli media. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa E-LKPD berbasis masalah kontekstual yang dikembangkan dapat menjadi alternatif bahan ajar yang efektif dan relevan untuk mendukung pembelajaran matematika yang terintegrasi dengan bidang keahlian peserta didik.
Keywords
E-LKPD, Liveworksheets, Program Linear, Masalah Kontekstual, SMK Farmasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh