PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL BERBASIS BUDIDAYA TANAMAN PALAWIJA UNTUK SISWA SMK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA

Siti Nur'aeni, Adang Effendi, Ai Tusi Fatimah

Abstract


Matematika merupakan ilmu dasar, perlu diajarkan dengan pendekatan yang relevan dan bermakna bagi siswa. Salah satu solusinya adalah dengan mengembangkan soal-soal matematika kontekstual yang dapat menghubungkan konsep-konsep matematis dengan situasi nyata. Budidaya tanaman palawija, sebagai salah satu sektor pertanian yang penting di Indonesia, merupakan konteks yang kaya dengan berbagai permasalahan matematika. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengembangkan dan memvalidasi soal matematika kontekstual berbasis budidaya tanaman palawija untuk siswa kelas 11 SMK. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE ( Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi ). Tahapan proses pengembangan penelitian yaitu Analisis (analisis) , Desain (desain) , Pengembangan (pengembangan) , Implementasi (implementasi) , dan Evaluasi (evaluasi). Validasi soal dilakukan oleh ahli materi dan ahli pendidikan matematika, serta uji coba lapangan kepada siswa kelas 12 ATPH di SMK Negeri Karangjaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal yang dikembangkan dinyatakan valid dan memiliki kualitas yang baik. Soal ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas 11 SMK melalui konteks yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, khususnya di bidang pertanian.

Keywords


ADDIE, Penelitian Pengembangan, Budidaya Tanaman Palawija

Full Text:

PDF

References


Effendi, A., & Fatimah, A. T. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Siswa Kelas Awal Sekolah Menengah Kejuruan. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 89. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2535

Fitri, H., Izzatin, M., & Ferryansyah, F. (2019). Pengembangan Buku Saku Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Bilangan. Mathematics Education And Application Journal (META), 1(1), 8–18. https://doi.org/10.35334/meta.v1i1.835

Hidayati, S. N., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis

Game terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 87–96.

Indrianingsih, Y. (2017). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Jenis Tanaman Palawija Berdasar Kandungan Zat Lahan Guna Meningkatkan Produktivitas Lahan (Studi Kasus Di Kabupaten Gunungkidul). Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, 8(1), 127. https://doi.org/10.28989/angkasa.v8i1.138

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Nurofi, M. . (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Statistika Kelas X. 1–208.

Nurrohman, E., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Budidaya Tanaman Kedelai dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa SMK Pertanian. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 1003–1007. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473

Oktiningrum, W., & Maymunah, S. (2023). Pengembangan Soal Matematika Kontekstual Tipe HOTS untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(02), 986–992. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i02.5064

Rahayu, F. R., Manjilah, R. R., Masrifatulloh, & Fatimah, A. T. (2024). Eksplorasi konsep matematika pada proyek budidaya ikan dengan kolam terpal di smk agribisnis. Proceeding Galuh Mathematics National Conference. 4(1), 172–180.

Sari, S. M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Self-Concept. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 71–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22717

Wulandari, E., Himmah, W. I., Diamudrika, E. S., & Lu’luah, Z. (2024). Pengembangan Soal Matematika Kontekstual Berbasis Local Environment Berbantuan Aplikasi MathCityMap untuk Guru Matematika SMP. Indonesian Journal of Community Services, 6(1), 57. https://doi.org/10.30659/ijocs.6.1.57-65


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh