Berpikir Aljabar dalam Konteks Digital: Studi Eksploratif pada Mahasiswa Pendidikan Tinggi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk-bentuk berpikir aljabar yang muncul dalam konteks digital melalui pengembangan aplikasi aljabar linier oleh mahasiswa pendidikan tinggi. Dua mahasiswa dari program studi Teknik Informatika berpartisipasi dalam penelitian ini dan diminta untuk merancang serta mengimplementasikan aplikasi digital yang merepresentasikan konsep-konsep dasar aljabar linier. Metode penelitian yang digunakan adalah studi eksploratif kualitatif, dengan data dikumpulkan melalui dokumentasi proses pengembangan aplikasi, analisis kode program, dan hasil tes tertulis. Analisis data dilakukan secara tematik berdasarkan indikator berpikir aljabar yang mencakup berpikir struktural, simbolik, dan relasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mampu menerjemahkan konsep-konsep aljabar linier ke dalam bentuk algoritmik, terutama dalam operasi matriks, transpose, dan determinan. Namun, ditemukan pula kekeliruan dalam penerapan konsep seperti matriks identitas dan ekspansi minor-kofaktor. Produk digital yang dihasilkan menunjukkan bahwa konteks teknologi mendorong munculnya representasi visual dan prosedural yang mendalam. Perbandingan antara hasil tes tertulis dan struktur aplikasi mengindikasikan adanya konsistensi dalam pemahaman, meskipun belum sepenuhnya menyeluruh. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pembelajaran matematika berbasis teknologi yang tidak hanya menekankan hasil, tetapi juga proses berpikir aljabar yang kompleks.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh