KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA SOAL CERITA BERDASARKAN KATEGORI TINGKATAN TINGGI SEDANG RENDAH

Abdul Azis, Ai Tusi Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita, dengan mempertimbangkan tingkat pengetahuan awal matematika siswa yang dikategorikan menjadi tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan pemecahan matematis adalah kemampuan siswa dalam memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, menjalankan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali hasil pemecahan masalah matematika pada materi lingkaran kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif quasi eksperimen. Data yang digunakan adalah kelas VIII di MTS Al Hidayah Kabupaten Bogor. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, dan observasi. Adapun hasil analisis bahwa siswa yang memiliki tingkatan kemampuan yang tinggi mampu memenuhi indikator yang digunakan dengan baik dan jelas, siswa yang memiliki tingkatan kemampuan sedang hampir memenuhi indikator yang digunakan hanya saja terkadang menghadapi kesulitan dalam menjelaskan tahapan perencanaan pemecahan masalah matematis mereka, sedangkan siswa dengan tingkatan kemampuan rendah kurang dalam memenuhi indikator karena sering menghadapi kesulitan dalam menjelaskan tahapan perencanaan masalah matematis mereka dengan jelas dan sistematis.

Keywords


Pemecahan Masalah, Quasi Eksperimen, Lingkaran

References


Hasyim, M., & Eldiana, N. F. (2020). Eksperimentasi model PBL dan PjBL berbasis schoology terhadap pemecahan masalah matematika ditinjau dari self-efficacy. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 6(2), 87. https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1751

Kartika, Y. K., & Rakhmawati, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Inquiry Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2515–2525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1627

Musdalifah, Barambangi, J., & Arifin, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Majene. PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics, 5(2), 14–24.

Nurwahid, M., & Shodikin, A. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2218–2228. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.346

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539

Situmorang, A. S., Tambunan, H., Purba, Y. J. R., & Purba, K. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Balok di Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan T.P. 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 8121–8127.

Waruwu, D., Lase, R., Zega, Y., & Mendrofa, R. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(2), 179–190. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i2.2159


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh