Inovasi Pembelajaran Matematika Era Digital: AI, Big Data dan Personalized Learning

Asep Amam

Abstract


Era digital telah memicu transformasi mendasar dalam pendekatan pembelajaran matematika. Teknologi mutakhir seperti Kecerdasan Buatan (AI), Big Data, dan Personalized Learning kini memainkan peran sentral dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih adaptif, efisien, dan kontekstual. Artikel ini bertujuan mengeksplorasi peran strategis dari ketiga inovasi tersebut dalam konteks pendidikan matematika modern. AI dimanfaatkan untuk menghadirkan sistem pembelajaran yang mampu menyesuaikan materi secara real-time dengan kemampuan siswa, membantu pemahaman konsep melalui simulasi interaktif, serta mendukung pembelajaran adaptif berbasis kecerdasan mesin. Big Data digunakan untuk menganalisis capaian dan kelemahan siswa secara kolektif guna merancang intervensi dan perbaikan kurikulum secara tepat sasaran. Sementara itu, personalized learning memungkinkan siswa memiliki jalur belajar individual yang sesuai dengan gaya belajar, minat, dan kebutuhan masing-masing, mendorong keterlibatan yang lebih tinggi dan peningkatan motivasi belajar. Melalui metode kajian pustaka dan analisis literatur terkini, artikel ini menunjukkan bahwa integrasi ketiga teknologi tersebut tidak hanya berdampak pada hasil belajar, tetapi juga membuka peluang pembelajaran yang lebih berkelanjutan dan inklusif. Diharapkan, pembahasan ini memberikan kontribusi konseptual dan praktis bagi pengembangan ekosistem pembelajaran matematika yang lebih inovatif dan responsif terhadap tuntutan abad ke-21.

Keywords


AI, Big Data, Personalized Learning, Pembelajaran Matematika, Inovasi

Full Text:

PDF

References


At-Ta’lim. (2024). Chatbot interaktif dalam pembelajaran matematika di jenjang SMP. *At-Ta’lim: Jurnal Kependidikan, 23*(1), 35–48.

Cui, W., Xue, Z., & Thai, K.-P. (2019). Performance comparison of an AI-based adaptive learning system in China. *arXiv Preprint*, arXiv:1901.10268.

du Plooy, E., Casteleijn, D., & Franzsen, D. (2024). Personalized adaptive learning in higher education: A scoping review of key characteristics and impact on academic performance and engagement. *Heliyon, 10*(21), e39630. [https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e39630](https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e39630)

Fathurrahman, A., Laksitowening, K. A., & Suwawi, D. (2022). Penerapan metode collaborative filtering dalam personalized learning. *JURIKOM, 9*(2), 78–85.

Hanif, M., & Lestari, D. (2022). Analisis dashboard pembelajaran digital untuk diagnostik kesulitan siswa. *Jurnal Edukasi Matematika, 8*(2), 57–68.

Laksitowening, A. D., Suwawi, H. D., & Herdiani, A. (2022). Pemanfaatan learning management system berbasis artificial intelligence dalam meningkatkan hasil belajar matematika. *Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 52*(1), 45–58.

Laksitowening, K. A., Suwawi, D., & Herdiani, A. (2022). Pemanfaatan learning management system untuk pembelajaran matematika. *Prosiding PKMCSR*, 103–110.

Mosharafa. (2024). Bibliometric analysis of artificial intelligence in mathematics education. *Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13*(2), 387–400.

Munthe, B., & Sagala, R. W. (2021). Analisis data besar (Big Data) dalam peningkatan kualitas pembelajaran matematika. *Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7*(2), 85–96.

NCTM. (2000). *Principles and standards for school mathematics*. National Council of Teachers of Mathematics.

OECD. (2018). *The future of education and skills: Education 2030 framework*. OECD Publishing.

Permana, D., Hidayat, A., & Mulyana, A. (2023). Personalized learning dalam pembelajaran matematika: Inovasi dalam era digital. *Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8*(1), 22–34.

Rahmat, A., & Fatmawati, D. (2021). Analisis Big Data dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis LMS. *Jurnal Teknologi Pendidikan, 23*(2), 145–158.

Saputra, M. A. A., Huda, A. N., & Pramesti, S. L. D. (2024). The effectiveness of mathematics learning aided by concrete media and artificial intelligence (AI) in the era of society 5.0: A systematic review. *ICONIE Proceedings*, 245–252.

Saputra, Y., & Sari, K. (2020). Penerapan adaptive learning dalam pembelajaran matematika berbasis digital. *Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 9*(1), 40–51.

Sutomo, H., & Turmudi, D. (2025). Integration of artificial intelligence in mathematics learning: Systematic literature review. *SJME (Symmetry: Journal of Mathematics Education), 9*(1), 29–41.

Wijaya, H., & Suparman, A. (2019). Pelatihan guru dalam integrasi TIK untuk pembelajaran matematika di sekolah menengah. *Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi, 6*(3), 212–225.

Yuliana, A., & Fitria, L. (2018). Personalized learning sebagai strategi pembelajaran matematika abad 21. *Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3*(1), 34–45.

Zumbrunn, S., Tadlock, J., & Roberts, E. D. (2011). *Encouraging self-regulated learning in the classroom*. [http://www.self-regulation.ca/download/pdf_documents/Self%20Regulated%20Learning.pdf](http://www.self-regulation.ca/download/pdf_documents/Self%20Regulated%20Learning.pdf)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh