Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Budaya Panengen di SMAN 1 Pangandaran (Studi Kasus di Kelas X IPA 1 SMAN 1 Pangandaran)

Deti Novia, Sri Pajriah, Aan Suryana, Heri Heryana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai kearifan lokal budaya Panengen serta untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai kearifan lokal budaya Panengen dalam pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dengan desain historis. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik studi literatur, studi lapangan serta menggunakan observasi terhadap pembelajaran sejarah di kelas dan budaya Panengen, wawancara di lakukan dengan kepala SMAN 1 Pangandaran, wakasek kurikulum, guru sejarah, beberapa orang siswa, serta kepala desa dan sesepuh desa Cikalong kecamatan Sidamulih kabupaten Pangandaran dan dokumentasi terhadap silabus dan RPP. Teknik untuk analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Tahapan penelitian dengan cara tahap deskripsi atau orientasi, tahap reduksi, dan tahap seleksi. Penelitian ini mengahsilkan nilai-nilai yang terkandung dalam budaya Panengen adalah nilai kepemimpinan, nilai toleransi, nilai kebersamaan, dan nilai persatuan. Implementasi nilai-nilai kearifan lokal budaya Panengen dalam pembelajaran sejarah dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dengan mengintegrasikan materi pelajaran sejarah dengan lingkungan sekitar peserta didik untuk menggali nilai-nilai kearifan lokal yang memberikan dampak positif. Dari hasil pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai kearifan lokal budaya Panengen, dapat memberikan dampak yang bermanfaat bagi peserta didik untuk selalu berbuat kebaikan dan senantiasa hidup berdampingan dengan masyarakat lain untuk saling membantu.

Keywords

Budaya Panengen; Nilai-Nilai Kearifan Lokal; Pembelajaran Sejarah

References

Jurnal

Afiqoh, Noviana, Hamdan Tri Atmaja, and Ufi Saraswati. 2018. “Penanaman Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Perkembangan Islam Di Indonesia Pada Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Pamotan Tahun Ajaran 2017/2018. ” Indonesian Journal of History Education 6(1):42–53.

Anon. 2018. “Uun Lionar, 2018 Pengaruh Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal Dalam Naskah Tanjung Tanah Terhadap Kemampuan Pemahaman Sejarah Motivasi Belajar Universitas Pendidikan Indonesia | Repository. Upi. Edu | Perpustakaan. Upi. Edu. ” 1–13.

Engkus, Engkus Engkus. 2017. “Budaya Panengen Sebagai Representasi Simbolik Kepemimpinan Desa Cikalong. ” Panggung 27(2).

Fajarini, Ulfah. 2014. “Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. ” SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal 1(2).

Hasanah. 2015. “Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Melalui Integrasi Mata Pelajaran, Pengembangan Dan Budaya Sekolah. ” Temu Ilmiah Nasional II 2010 Dengan Tema Membangun Personalitas Insan Pendidikan Yang Berkarakter Dan Berbasis Budaya 112.

Ikip, Pawiyatan, Veteran Semarang, Abstrak Kearifan Lokal, Mata Pelajaran Sejarah, Mata Pelajaran, Kearifan Lokal, and Pembelajaran Sejarah. 2018. “Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah Eko Heri Widiastuti Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP Veteran Jawa Tengah Semarang. ” (2):107–13.

Nadlir, M. 2020. “Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Pendidikan Agama Islam. ” 1–32.

Nugraheni, Ulun Inggar. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Samin Di SMP Negeri 1 Ngawen Blora.

Pajriah, Sri. 2015. “Pemanfaatan Metode Resource Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah. ” Jurnal Artefak 3(2):147–60.

Pingge, H. D. 2017. “Kearifan Lokal Dan Penerapannya Di Sekolah. ” Jurnal Edukasi Sumba 01(02):128–35.

Robinson, -, Memen Akbar, Muhammad Arif Fadhly Ridha, Muhammad Arif, Fadhly Ridha, and A. Cross Site Scripting. 2018. “INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION SQL Injection and Cross-Site Scripting Prevention Using OWASP Web Application Firewall. ” Journal on Informatics Visualization Sql 2(4):286–92.

Romadi, Romadi, and Ganda Febri Kurniawan. 2017. “Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore Untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Siswa. ” Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya 11(1):79–94.

Suryana, Aan. 2017. “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa SMAN 1 Baregbeg). ” Jurnal Artefak 4(2):135.

Umami1, Nadila Nisa Al, Winarno, and Yudi Ariana. 2020. “EKSISTENSI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEARIFAN LOKAL DESA CIKALONG, KECAMATAN SIDAMULIH, KABUPATEN PANGANDARAN. ” 29(9):1890–96.

Vina Anharoeni. 2018. “PENGEMBANGAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMP N 1 BANTUL. "New England Journal of Medicine 372(2):2499–2508.

Buku

Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.