Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Artefak?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Naskah-naskah yang dikirimkan ke Redaksi Jurnal Artefak akan dipertimbangkan pemuatannya apabila memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut:

Bersifat ilmiah, berupa kajian atas masalah-masalah studi Pendidikan dan Sejarah, gagasan-gagasan orisinil, ringkasan hasil penelitian/survei, dan ulasan buku yang dipandang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan studi dan pemikiran studi agama.

Naskah yang dikirimkan merupakan naskah yang belum pernah dipublikasikan dalam penerbitan apapun atau tidak sedang diminta penerbitannya oleh media lain.

Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa asing (Inggris) yang memenuhi kaidah-kaidah penulisan bahasa Indonesia/asing yang baik dan benar.

Setiap naskah ditulis secara berurutan terdiri dari judul, nama penulis (tanpa gelar), institusi & alamat institusi, alamat email, abstrak, kata kunci, pendahuluan, metode penelitian, pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka;

Judul harus ringkas dan lugas, boleh dengan menyertakan subjudul dengan total maksimal terdiri atas 15 suku kata.

Penulis tidak perlu mencantumkan gelar akademik.

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia, dan Inggris. Abstrak ditulis antara 250 - 300 kata dengan memuat tujuan, metode, dan hasil penelitian (jika naskah berupa hasil penelitian); dan latar belakang masalah, pembahasan, dan kesimpulan (jika naskah berupa artikel).

Kata kunci maksimal 5 kata yang mencerminkan isi naskah.

Isi naskah terdiri dari 7000 - 9000 kata atau 20 - 25 halaman kertas ukuran A4 diketik dengan spasi rangkap jika naskah berupa artikel, dan 10 – 15 halaman untuk naskah yang berupa ulasan buku (book review).

Naskah harus menyertakan daftar pustaka, dengan ketentuan menggunakan Harvard-APA Style yaitu:

  1. Sumber kutipan yang dinyatakan dalam karya ilmiah harus ada dalam Daftar Pustaka, dan sebaliknya.
  2. Daftar pustaka tidak dibagi-bagi menjadi bagian-bagian berdasarkan jenis pustaka, misalnya buku, jurnal, internet dan sebagainya.
  3. Ditulis satu spasi, berurutan secara alfabetis tanpa nomor berdasarkan nama akhir pengarang atau organisasi yang bertanggung jawab. Jika suatu referensi tidak memiliki nama pengarang maka judul referensi digunakan untuk mengurutkan referensi tersebut diantara referensi lain yang tetap diurutkan berdasarkan nama belakang pengarang.
  4. Jika literatur ditulis oleh satu orang, nama penulis ditulis nama belakangnya lebih dulu, kemudian diikuti singkatan (inisial) nama depan dan nama tengah, dilanjutkan penulisan tahun, judul dan identitas lain dari literatur/pustaka yang dirujuk.
  5. Apabila ada beberapa karya yang ditulis oleh pengarang yang sama, urutkan berdasarkan tanggal terbitnya (dimulai dari yang paling lama ke yang paling baru).
  6. Jika seorang pengarang mengeluarkan beberapa karya dalam tahun publikasi yang sama, maka diurutkan berdasarkan huruf kecil yang menyertai tanggal publikasi (contoh: 1988a, 1988b, 1988c, dst.).
  7. Tanggal publikasi dituliskan setelah nama (-nama) pengarang.
  8. Judul referensi dituliskan secara italic, jika daftar pustaka ditulis tangan maka judul digarisbawahi.

       Contoh:

       #Buku

  • Nama Belakang Pengarang, Inisial tahun terbit, Judul buku (Edisi jika edisinya lebih dari satu), Tempat diterbitkan, Penerbit.

Satu pengarang

Conley, D 2002, The daily miracle: an introduction to journalism, Oxford University Press,New York.

Dua pengarang

Anna, N & Santoso, CL 1997, Pendidikan anak, edk 5, Family Press, Jakarta.

Lebih dari dua pengarang

Kotler, P, Adam, S, Brown, L & Armstrong, G 2003, Principles of marketing, 2nd edn, Pearson

Education Australia, Melbourne.

Tidak ada nama pengarang

Computer Graphics Inter-Facing 1996, 3rd edn, Modern technology Corporation, Minnepolis.

        Artikel jurnal

  • Nama belakang pengarang, inisial Tahun Publikasi, Judul artikel menggunakan tanda kutip tunggal, Nama jurnal menggunakan format italic, Nomor volume (ditulis vol.), Nomor halaman.

        Contoh:

Pengarang tunggal

Hall, M 1999, ‘Breaking the silence: marginalisation of registered nurses employed in nursing homes’, Contemporary Nurse, vol. 8, no. 1, hh. 232-237.

Dua pengarang

Davis, L, Mohay, H & Edwards, H 2003, ‘Mothers’ involvement in caring for their premature infants: an historical overview’, Journal of Advanced Nursing, vol. 42, no. 6, hh. 578–86.

Lebih dari dua pengarang

Wijaya, K, Phillips, M & Syarif, H 2002, ‘Pemilihan sistem penyimpanan data skala besar’, Jurnal Informatika Indonesia, vol. 1, no. 3, hh. 132-140.

Tanpa pengarang

‘Building human resources instead of landfills’ 2000, Biocycle, vol. 41, no. 12, hh. 28-29.

Naskah diketik dalam program Microsoft Word sesuai dengan Article Template dan dikirim melalui Submissions.

Naskah yang dimuat mengalami proses penyuntingan tanpa mengubah substansi.

Naskah yang masuk ke redaksi dikategorikan:

  • Diterima tanpa revisi;
  • Diterirna dengan revisi;
  • Ditolak.

Naskah yang tidak dimuat, akan diberitahukan kepada penulisnya via email.

Naskah yang dimuat akan diberi bukti terbit Jurnal Artefak dan off print-nya masing-masing 1 eksemplar.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
  • Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
  • Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Open Access).

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.