Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan, sebagai berikut:

  1. Pendidikan: mengkaji karya ilmiah mengenai cakupan dunia pendidikan yang berkaitan dengan bahan ajar sejarah;
  2. Sejarah Lokal & Nasional: menggali potensi sejarah lokal & Nasional yang selanjutnya dikembangkan menjadi bahan ajar atau rujukan;
  3. Sosial & Kebudayaan: mengkaji fenomena sekitar yang berkaitan sosial budaya ataupun tradisi;

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Naskah yang dikirim dievaluasi oleh wasit anonim oleh double blind peer review untuk kontribusi, orisinalitas, relevansi, dan presentasi. Editor akan memberi tahu Anda tentang hasil tinjauan sesegera mungkin, semoga antara 1 - 2 bulan. Harap perhatikan bahwa mungkin pengiriman Neskah ke Jurnal Artefak selama proses peninjauan bisa sampai 3 bulan.

Reviewer memeriksa teks dari aspek kualitas dan substansi tulisan (bukan teks tata bahasa), yang meliputi kesegaran, orisinalitas, kegunaan, dan validitas kutipan dan bibliografi.

Reviewer menerima ulasan double-blind naskah (penulis anonim) editor bagian atau sekretariat editorial. Jika tidak sesuai dengan kompetensinya, reviewer berhak untuk menolak naskah dan merekomendasikannya kepada orang lain yang lebih kompeten.

 

Publication Frequency

Journal Artifak published in April and September.

 

Publication Ethics

Jurnal Artefak adalah jurnal yang diterbitkan Universitas Galuh. Pernyataan ini menerangkan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel di jurnal ini, yaitu penulis, ketua penyunting, editor/penyunting, mitra bestari dan penerbit.

TUGAS PENERBIT
Universitas Galuh sebagai penerbit Jurnal Artefak bertanggung jawab dan berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang atau pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh pada keputusan editor. Selain itu, Universitas Galuh dan editor akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal lain dan / atau penerbit lain apabila diperlukan.

TUGAS EDITOR/PENYUNTING
Keputusan Publikasi
Editor/Penyunting Jurnal Artefak, bertanggung jawab untuk memutuskan artikel yang harus diterbitkan berdasarkan masukan dari hasil peer reviews. Para editor dapat berunding dengan peer reviews dalam membuat keputusan ini.

Prinsip Keadilan

  • Editor/Penyunting mengevaluasi naskah/artikel tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis.
  • Editor akan memastikan artikel sesuai dengan fokus/scope keilmuan jurnal. Tanggapan dari para peer reviews akan dijadikan landasan bagi Editor untuk menentukan apakah suatu artikel dapat diterima (accepted), diterima dengan revisi (accepted with major/minor revision), atau ditolak (rejected).
  • Suatu artikel ditolak untuk dimuat disebabkan oleh berbagai pertimbangan, diantaranya dikarenakan artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup ilmu-ilmu Pendidikan, Budaya dan Sejarah, sisi ilmiah tulisan tersebut kurang memadai untuk digolongkan dalam suatu tulisan ilmiah, kesalahan metodologi yang mendasar, atau dikarenakan penulis menolak untuk melakukan sara perbaikan yang diberikan oleh mitra bestari tanpa dasar yang logis.
  • Urutan penerbitan disesuaikan dengan urutan masuknya artikel dan revisi artikel kepada dewan redaksi.

Kerahasiaan
Editor tidak harus mengungkapkan informasi apapun tentang naskah yang diserahkan kepada orang lain selain penulis, diantaranya mitra bestari.

Konflik kepentingan
Bahan yang tidak dipublikasikan namun diungkapkan dalam naskah tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.
 
Tugas Mitra Bestari (Reviewer/Penelaah)
  • Mitra bestari membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial yang selanjutnya disampaikan kepada penulis. Bantuan yang diberikan oleh mitra bestari menyangkut review secara konten terhadap sebuah naskah/artikel.
  • Setiap naskah yang diterima untuk di review harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.
  • Review harus dilakukan secara objektif dengan argumen yang mendukung sesuai kaidah ilmiah.

TUGAS PENULIS
  • Penulis menuliskan naskah/artikel berdasarkan laporan penelitian asli yang akurat.
  • Penulis menuliskan setiap acuan yang digunakan dalam naskah sesuai kaidah penulisan ilmiah.
  • Penulis harus memastikan bahwa naskah yang ditulis bebas plagiarisme.
  • Penulis dapat memastikan bahwa naskah yang dikirimkan pada Jurnal Artefak belum pernah dimuat di media lain, dan sedang tidak dikirimkan kepada jurnal lain.
  • Penulis harus menyepakati mengenai peran masing-masing kontributor dalam penulisan artikel dan telah menyepakati sebelumnya tentang penulisan penulis utama dan penulis pendamping.
  • Penulis memastikan bahwa kegiatan penelitian dilakukan sesuai kode etik 
  • Ketika penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidaktepatan dalam naskahnya yang telah diterbitkan, penulis memiliki kewajiban untuk segera memberitahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki.

 

Open Access Policy

This journal provides direct open access to its content with the principle that making research freely available to the public supports greater global knowledge exchange.
All articles published by Open Access will be immediately free and permanent for everyone to read and download. We continue to work with our community of writers to choose the best licensing option: Creative Commons Attribution (CC BY)
Writers and readers can copy and redistribute material in any media or format, and remix, modify, and build material for any purpose, even commercially, but they must give appropriate credit (citing articles or content), provide links to the license, and indicate if there are changes. If you mix, change, or build on material, you must distribute your contribution under the same license as the original.
The author sends the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article will be given to the Journal of Artifacts and Galuh University as the journal publisher.

 

Article Processing Charges

CHARGE OF PROCESSING ARTICLE (APCs)

Free article shipping costs

Free article processing fees to publish online.

The published fee for the printed version of IDR 250,000 includes the cost of sending 1 journals to the address of the domestic author.