Implementasi Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Yurisprudensi Inquiry untuk Meningkatkan Good Citizens Peserta Didik

Sarilan Sarilan, Nunuk Suryani, Muhammad Akhyar, Hasan Suryono

Abstract

Tujuan penelitian ini mengkaji mengenai implementasi model pembelajaran sejarah berbasis Yurisprudensi Inquiry untuk meningkatkan good citizens peserta didik. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan pendekatan ini dapat memahami, mengamati, menganalisa dan mengkaji lebih akurat dan komprehensif penerapan model pembelajaran sejarah berbasis Yurisprudensi Inquiry untuk meningkatkan good citizens peserta didik. Hasil temuan penelitian adalah sebagai berikut: a) penerapan model pembelajaran sejarah berbasis Yurisprudensi Inquiry dapat membentuk peserta didik yang memiliki sikap kritis, berpikir sistematis, mampu bernegosiasi, memahami perbedaan pendapat dan mendiskusikan kebijakan pemerintah dan isu-isu sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, b). Tahap pembelajaran Yurisprudency Inquiry adalah Orientasi Kasus/Permasalahan, Identifikasi Isu, Penetapan Posisi/Pendapat, Menyelidiki Cara Berpendirian/Pola Argumentasi, Memperbaiki dan Mengkualifikasi Posisi, dan Melakukan Pengujian Asumsi-Aumsi terhadap Posisinya/Pendapatnya, c) Good citizenship merupakan sebuah masyarakat yang hidup dalam keadaan damai, sejahtera, tenteram, aman, dan memiliki apresiasi yang besar terhadap perbedaan, dan karakter warga negara yang baik.

Keywords

History Learning; Inquiry Jurisprudence Models; Good Citizens

Full Text:

PDF

References

Aunurrahman. (2019). Belajar dan Strategi Pembelajaran (Cet. Ke-11). Alfabeta.

Cholisin. (2016). Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Ombak.

Hamid, R. (2014). Pembelajaran Sejarah. Ombak.

Handiawan, P. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Good Cityzen. https://www.academia.edu/11731071/maklaah_good_cityzen

Hasan, H. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia Isu dan Ide Dalam Pembelajaran. Rizqi Press.

Hendrizal. (2017). “Urgensi Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry dalam Keberagaman Bangsa Indonesia”. Jurnal PPKn & Hukum Vol. 12 No. 2 Oktober 2017

Japar, Muhammad. (2017). Jurisprudential Inquiry Sebagai Model Pembelalaran Alternatif Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 27, No.1, Juni 2017, ISSN:1412-3835.

Jasmeet kaur Tandon dan Tariq Hider Mir. (2021). “Jurisprudential Inquiry Model of Teaching: A Steam of Education for Enhancing Social Maturity Among High School Students”. Volume 9 (4), pp 1432 – 1437.

Latief, Hilman. (2015). “Antara Citizenship dan Ummah: Kesetaraan dan Kesamaan Hak Kewargaan”, dalam Wawan Gunawan Abd Wahid, dkk. Fikih Kebinekaan Pandangan Islam Indonesia Tentang Umat, Kewargaan, dan Kepemimpinan Non-Muslim. Reinvensi Islam Kultur. Bandung: Mizan.

Lonto Lext, Apeles & Pangilila, Theodorus. (2018). Etika Kewarganegaraan. Yogyakarta: Ombak.

Nugroho, Arrissetyanto dkk. (2015). Etika Berwarganegara Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Preetha Y M L dan Dr. Bindu R. (2020) “Role of Jurisprudential Inquiry Model (JIM) to Promote Global Citizenship”. International Journal of Exclusive Global Research, Vol 5 (5).

Rahman, Abdul Agus. (2018). Psikologi Sosial Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Depok: PT. Rajagrafindo Persada. Cetakan Kedua Maret 2018.

Sudarto, S. (2021). Peningkatan Apresiasi Siswa Terhadap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Media Tradisi Sedekah Laut Cilacap. Jurnal Artefak, 8(2), 203–212. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/ja.v8i2.6713

Uno, B. Hamzah. (2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wattimena, Alexander RA. (2018). Pedagogi Krtitis; Pemikiran Henry Giroux Tentang Pendidikan dan Relevansinya Untuk Indonesia. Jurnal Filsafat, ISSN: 0853 (print); 2528-6811 (online), Volume 28, Nomor 2 (2018), p.180-199, doi: 10.22146/jf.34714.

Wena M. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontempor Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara. Cetakan Kesebalas, September 2018.

Widjaja, I. G. (2018). Pembelajaran Sejarah Yang Mencerdaskan Suatu Alternatif Menghadapi Tantangan dan Tuntutan Jaman yang Berubah. JPSI (Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia), 1(2), 117–134. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i22018p117

Woolfolk, Anita. (2009). Educational Psychology. Boston: 75 Arlington Street.

Yusrizal. (2010). Bahan Ajar Pembelajaran PKn SD Kelas Tinggi. Padang: Kerjasama Dikti Depdiknas dan Prodi PGSD FKIP Universitas Bung Hatta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.