Implementasi Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Yurisprudensi Inquiry untuk Meningkatkan Good Citizens Peserta Didik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. (2019). Belajar dan Strategi Pembelajaran (Cet. Ke-11). Alfabeta.
Cholisin. (2016). Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Ombak.
Hamid, R. (2014). Pembelajaran Sejarah. Ombak.
Handiawan, P. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Good Cityzen. https://www.academia.edu/11731071/maklaah_good_cityzen
Hasan, H. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia Isu dan Ide Dalam Pembelajaran. Rizqi Press.
Hendrizal. (2017). “Urgensi Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry dalam Keberagaman Bangsa Indonesia”. Jurnal PPKn & Hukum Vol. 12 No. 2 Oktober 2017
Japar, Muhammad. (2017). Jurisprudential Inquiry Sebagai Model Pembelalaran Alternatif Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 27, No.1, Juni 2017, ISSN:1412-3835.
Jasmeet kaur Tandon dan Tariq Hider Mir. (2021). “Jurisprudential Inquiry Model of Teaching: A Steam of Education for Enhancing Social Maturity Among High School Students”. Volume 9 (4), pp 1432 – 1437.
Latief, Hilman. (2015). “Antara Citizenship dan Ummah: Kesetaraan dan Kesamaan Hak Kewargaan”, dalam Wawan Gunawan Abd Wahid, dkk. Fikih Kebinekaan Pandangan Islam Indonesia Tentang Umat, Kewargaan, dan Kepemimpinan Non-Muslim. Reinvensi Islam Kultur. Bandung: Mizan.
Lonto Lext, Apeles & Pangilila, Theodorus. (2018). Etika Kewarganegaraan. Yogyakarta: Ombak.
Nugroho, Arrissetyanto dkk. (2015). Etika Berwarganegara Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Preetha Y M L dan Dr. Bindu R. (2020) “Role of Jurisprudential Inquiry Model (JIM) to Promote Global Citizenship”. International Journal of Exclusive Global Research, Vol 5 (5).
Rahman, Abdul Agus. (2018). Psikologi Sosial Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Depok: PT. Rajagrafindo Persada. Cetakan Kedua Maret 2018.
Sudarto, S. (2021). Peningkatan Apresiasi Siswa Terhadap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Media Tradisi Sedekah Laut Cilacap. Jurnal Artefak, 8(2), 203–212. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/ja.v8i2.6713
Uno, B. Hamzah. (2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Wattimena, Alexander RA. (2018). Pedagogi Krtitis; Pemikiran Henry Giroux Tentang Pendidikan dan Relevansinya Untuk Indonesia. Jurnal Filsafat, ISSN: 0853 (print); 2528-6811 (online), Volume 28, Nomor 2 (2018), p.180-199, doi: 10.22146/jf.34714.
Wena M. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontempor Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara. Cetakan Kesebalas, September 2018.
Widjaja, I. G. (2018). Pembelajaran Sejarah Yang Mencerdaskan Suatu Alternatif Menghadapi Tantangan dan Tuntutan Jaman yang Berubah. JPSI (Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia), 1(2), 117–134. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i22018p117
Woolfolk, Anita. (2009). Educational Psychology. Boston: 75 Arlington Street.
Yusrizal. (2010). Bahan Ajar Pembelajaran PKn SD Kelas Tinggi. Padang: Kerjasama Dikti Depdiknas dan Prodi PGSD FKIP Universitas Bung Hatta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.