Memotret Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Upaya Membangkitkan Semangat Nasionalisme

M. Ari Kuwoto, Erwin Saputra

Abstract

Dalam memahami negara dengan keragaman budaya seperti Indonesia, konsep pendidikan multikultural sangat penting. Pendidikan sangat berguna untuk mengembangkan multikulturalisme. Konsep pendidikan sejarah bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan demokratis serta kesadaran multikultural. Satuan sejarah yang melihat heterogenitas masyarakat Indonesia adalah sejarah lokal dan negara Indonesia yang berkembang dengan keragaman bahasa, agama, suku, ras, adat istiadat, dan budaya. Keberagaman ini tidak terlepas dari proses kesinambungan narasi. Menumbuhkan nilai dan makna multikultural melalui pembelajaran sejarah merupakan langkah yang tepat dan mendasar untuk memperkokoh rasa kebangsaan. Tujuan artikel ini adalah untuk mengeksplorasi 1) peran manfaat pendidikan sejarah lokal untuk meningkatkan kesadaran multikultural; dan 2) ide-ide yang efektif tentang pengajaran sejarah lokal untuk meningkatkan kesadaran multikultural. Kajian sejarah lokal dapat membantu siswa memahami sejarah keragaman masyarakat. Lima model dapat digunakan untuk menyampaikan sejarah lokal: belajar dari pengalaman sebelumnya; melakukan studi kasus perbedaan; membuat pendekatan pembelajaran baru; membuat kurikulum baru; dan 5) mengintegrasikan pembelajaran sejarah lokal ke dalam materi sejarah nasional. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka deskritif kualitatif, dengan penggambaran pentingnya pembelajaran sejarah lokal dalam membangkitkan semangat nasionalisme. Hasil dari penelitian untuk dapat penumbuhkan jiwa cinta tanah air pada setiap siswa dengan menegakkan nilai-nilai kebangsaan dan negara.

Keywords

Sejarah lokal; Pendidikan Multikulturalisme; Nasionalisme

References

Abdullah, A. (2007). Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Sepanjang Sejarah (Suatu Tinjauan Kritis Filosofis). In Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 13, Issue 66, pp. 340–361). https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.354

Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Jurnal Analisis Isi, 5(9), 1–20. https://www.academia.edu/download/81413125/DesainPenelitianContentAnalysis_revisedJumalAhmad.pdf

Amelia, D., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Pendidikan dalam Pemikiran Mohammad Hatta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1506–1513.

Anise. (2016). Patient-centered outcomes research to improve asthma outcomes. Journal of Allergy and Clinical Immunology.

Casmana, A. R., Dewantara, J. A., Timoera, D. A., Kusmawati, A. P., & Syafrudin, I. (2022). Global citizenship: preparing the younger generation to possess pro-environment behavior, mutual assistance and tolerance awareness through school engagement. Globalisation, Societies and Education , 21(1), 15–32. https://doi.org/10.1080/14767724.2021.2013167

Cruse, H., & Wehner, R. (2011). No need for a cognitive map: Decentralized memory for insect navigation. PLoS Computational Biology, 7(3). https://doi.org/10.1371/journal.pcbi.1002009

Fuchs, E. (2011). Current Trends in History and Social Studies Textbook Research. Journal of International Cooperation in Education, 14(2), 17–34.

Hasan, S. H. (2021). Implementasi Kurikulum dan Guru. Inovasi Kurikulum, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jik.v1i1.35593

Hashim, R. (2009). Peningkatan Mutu Madrasah Melalui Penguatan Partisipasi Masyarakat. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, I(September), 2–7.

Ismail, A. S., Azili, N. S., @ Taufik, F. A., Esa, E. M., & Ashar, A. A. (2020). Public Facilities Preference of Youth Residents in Low-cost Housing Flats towards Sustainable Living. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(02), 1950–1971. https://doi.org/10.37200/ijpr/v24i2/pr200496

Kuntowijoyo. (1999). Pengantar Ilmu Sejarah. Bentang Pustaka.

Kurniawan, H., Suprialna, N., Mulyana, A., & Yulifar, L. (2023). Public history of chinese-javanese harmony in yogyakarta for history learning with diversity insights. Paramita, 33(1), 139–149. https://doi.org/10.15294/paramita.v33i1.35720

Kuwoto, M. A., Yulifar, L., & Indonesia, U. P. (2022). THE MERDEKA CURRICULUM REFORM ON ASPECTS OF HISTORICAL THINKING SKILLS IN HISTORY SUBJECTS IN SENIOR HIGH SCHOOLS. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Dan Multikulturalisme, 4(3), 754–774.

Meek, D. W., & Sauer, T. J. (2003). Suggestions for Presenting Kriging Results. Conference on Applied Statistics in Agriculture. https://doi.org/10.4148/2475-7772.1191

Moeis, I. (2014). Pendidikan Multikultural Transformatif: Integritas Moral, Dialogis dan Adil. In Unp Press. http://repository.unp.ac.id/197/

Putrihapsari, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Manajemen Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Ibu Yang Bekerja: Sebuah Studi Literatur. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 127–136. https://doi.org/10.21009/jiv.1502.4

Ramdhani, D., Asy’arie, M., Waston, W., Maksum, M. N. R., & Fatimah, M. (2021). Learning Management Based on Multicultural At Islamic Boarding School Darusy Syahadah Simo Boyolali. Profetika: Jurnal Studi Islam, 23(1), 1–12. https://doi.org/10.23917/profetika.v23i1.16789

Setiawan, R., & Aman, A. (2022). The Evaluation of the History Education Curriculum in Higher Education. Paramita: Historical Studies Journal, 32(2), 263–275. https://doi.org/10.15294/paramita.v32i2.34535

Supardil. (2024). Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah Lokal. Maharsi, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.33503/maharsi.v6i1.3547

Widjaja, N. A., Prihaningtyas, R. A., Hanindita, M. H., Handajani, R., & Ugrasena, I. D. G. (2023). Metabolic syndrome, HOMA-IR and adiponectin in obese adolescents. Surabaya Medical Journal, 1(1), 20–31. https://doi.org/10.59747/smjidisurabaya.v1i1.5

Wineburg, B. (2001). A Limited Partnership The Politics of Religion, Welfare, and Social Service. Culumbia Universty Press.

Yang, F., Cho, S. W., Son, S. M., Bogatyrev, S. R., Singh, D., Green, J. J., Mei, Y., Park, S., Bhang, S. H., Kim, B. S., Langer, R., & Anderson, D. G. (2010). Genetic engineering of human stem cells for enhanced angiogenesis using biodegradable polymeric nanoparticles. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 107(8), 3317–3322. https://doi.org/10.1073/pnas.0905432106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.