PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEDIA FILM DOKUMENTER ZAMAN PENJAJAHAN HINDIA BELANDA DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas VII SMP N 1 Baregbeg)

Aan Suryana

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk: mengetahui bagaimanakah perencanaan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) pada pembahasan kehidupan Indonesia pada masa kolonialisme Eropa dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII E SMP N I Baregbeg. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dari hasil penelitian tindakan kelas (PTK) berupa perlakuan (treatment) dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII E SMP N I Baregbeg Ciamis. Data penelitian diperoleh dari pengamatan kegiatan pembelajaran, informan (siswa, guru, dan kepala sekolah), dokumen, dan foto kegiatan. Melalui tahapan palnning, action, observing,dan reflecting yang dilaksanakan dalam dua siklus. Untuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran IPS kelas VII E SMP N I Baregbeg Ciamis adalah 75 dengan prosentase ketuntasan klasikal minimal yang ditentukan 75%. Untuk motivasi prosentase ketuntasannya 75%dan prosentase Ketuntasan Klasikal Minimal untuk prestasi belajar adalah 75%. Setelah pemberian perlakuan (treatment) selama tiga siklus hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan yang dicapai siswa adalah pada siklus I untuk motivasi memperoleh prosentase 25,42%, siklus II meningkat menjadi 42,25%, dan siklus III memperoleh prosentase 90,85%. Selanjutnya peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh prosentase 30,25%, siklus II meningkat menjadi 45,00%, dan siklus III diperoleh prosentase 93,00%.Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS), Pembelajaran IPS, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.ABSTRACTClass Action Research aims to: determine how planning and learning model Think Pair Share (TPS) in Indonesia during the discussion of the life of European colonialism in teaching social studies to improve motivation and learning achievement of class VII E SMP N I Baregbeg. The method used in this research is descriptive qualitative results of classroom action research (PTK) in the form of treatment (treatment) using a learning model Think Pair and Share (TPS) by the research subjects were students of class VII E SMP N I Baregbeg Ciamis. Data were obtained from observations of learning activities, informants (students, teachers, and principals), documents, and photos of activities. Through the stages palnning, action, observing, and reflecting conducted in two cycles. For completeness Minimum Criteria (KKM) social studies class VII E SMP N I Baregbeg Ciamis is 75 with a percentage of classical completeness 75% minimum specified. For motivation ketuntasannya percentage of 75% and the percentage of classical completeness Minimal for student achievement is 75%. After giving treatment (treatment) for three cycles results showed the improvement achieved by students is the first cycle to obtain a percentage of 25.42% motivation, the second cycle increased to 42.25%, and the third cycle obtain a percentage of 90.85%. Further improvement of student achievement in the first cycle was obtained percentage of 30.25%, the second cycle increased to 45.00%, and the third cycle is obtained percentage of 93.00%.Kata Kunci: Model Learning Think Pair and Share (TPS), IPS Learning, Learning Motivation, Achievement

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Iskandar, Idawati. 2014. Efektifitas Penggunaan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VII. Majalah Ilmiah Kopertis Wilayah IV No. 10 Tahun XXVI Mei 2014. Wawasan Tridharma.

Kurniawati. 2014. Penerapan Think Pair and Share Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa (Penelitian Tindakan Kelas di SMP 3 Mande Kabupaten Cianjur). Tesis Pascasarjana UPI Tidak Diterbitkan.

Somantri, M.N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.