PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TB 1 SMK NEGERI 1 BANCAK KABUPATEN SEMARANG

Sriyanto Sriyanto

Abstract

Berdasarkan hasil siklus pertama, kelengkapan kritis keterampilan berpikir klasik siswa dengan 74,07% dengan nilai rata-rata kelas 76, siklus II 92,59% dengan nilai rata-rata kelas 78 dan siklus ketiga mencapai 96,15% dengan nilai rata-rata kelas 82. hasil studi ini mencatat peningkatan keterampilan berpikir kritis dan pencapaian ketuntasan klasikal. Berdasarkan siklus kuesioner I, II dan III Data menunjukkan persentase nilai kearifan lokal siswa masing-masing sebesar 96,30%, 100% dan 100% pada siklus III. Kelas Hasil jajak pendapat menunjukkan rata-rata: siklus pertama 85,73, siklus II 89,53 dan siklus III 93,43. Dari hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam kelas XI kabupaten TB1 Bancak SMK Negeri 1 Semarang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan nilai-nilai kearifan lokal siswa.Kata kunci: Sejarah Belajar, Soal Berbasis Model Pembelajaran, Berpikir Kritis, Nilai Kearifan Lokal.ABSTRACTBased on the results of the first cycle, classical completeness critical thinking skills of students by 74.07% with an average value of grade 76, second cycle of 92.59% with an average value of grade 78 and the third cycle reaches 96.15% with average value of grade 82. The results of these studies noted an increase in critical thinking skills and the achievement of classical completeness. Based on the questionnaire cycle I, II and III data showed percentage of students’ local wisdom values respectively by 96.30%, 100% and 100% the third cycle. Class average poll result shows: the first cycle of 85.73, the second cycle of 89.53 and the third cycle of 93.43. From the result of class action research it can be concluded that the application of problem-based learning model in class XI TB1 Bancak SMK Negeri 1 Semarang district can improve critical thinking skills and students’ local wisdom values. Keywords: History Learning, Problem Based Learning Model, Critical Thinking, Local Wisdom Values.

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai-Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Basuki, Ismet dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Daniel S. Lev. 1999. Mencari Demokrasi. - : Institut Studi Arus Informasi

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Iskandar (2012). Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta: Referensi

Kartodirjo, Sartono. 1982. Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Kurikulum 2013. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Nana Sudjana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi

_____. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

_____.2009. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara

Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013. t.p.

Duron, Limbach, and Waugh. (2006). Critical Thinking Framework For Any Discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. Volume 17, Number 2, 160-166. Diakses dari: http://www.isetl.org/ijtlhe/pdf/IJTLHE55.pdf

Erick De Graaf and Anette Kolmos. (2003).Characteristics of Problem-Based Learning.Int.J.Engng Ed.Vol 19 No. 5.pp 657-662.Tempus Publications. Printed in Great Britain. Diakses dari: http://www.bygg.ntnu.no/pbl/euceet/References/KolmosdeGraaff.pdf

Lisa Gueldenzoph Snyder and Mark J. Snyder.(2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal. Volume L, No. 2, Spring/Summer, 90-99. Diakses dari:

http://reforma.fen.uchile.cl/Papers/Teaching%20Critical%20Thinking%20Skills%20and%20problem%20solving%20skills%20 %20Gueldenzoph,%20Snyder.pdf

Mark J. Newman. (2005). Problem Based Learning: An Introduction and Overview of the Key Features of the Approach. Journal of Veterinary. L:/Inprocess/UTPress/JVME/JVME32(1)-Revises-2/JVME-003.3d.12-20. Diakses dari:

http://www.utpjournals.com/jvme/tocs/321/12.pdf?origin=publicationdetail

Roikhwanphut Mungmachon.(2012). Knowledge and Local Wisdom: Community Treasure. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 2 No. 13.174-181.Diakses dari: http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_2_No_13_July_2012/18.pdf.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.