Nilai-Nilai Multikultur di Sekolah Multi Etnik: Studi dalam Pembelajaran Sejarah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2016). Menanamkan Konsep Multikulturalisme di Indonesia. Jurnal Dinamika Global, 1(02), 123–140. https://doi.org/10.36859/jdg.v1i02.24
Daliman, A. (2012). Pengantar Filsafat Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Dhamayanti, M. (2015). Komunikasi Lintas Budaya Etnis India, Etnis China serta Pribumi di Kampung Lubuk Pakam. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makana, 6(1), 13–21.
Hasibuan, E. J., & Muda, I. (2017). Komunikasi Antar Budaya pada Etnis Gayo dengan Etnis Jawa Intercultural Communication at The Gayo Ethnic and Javanese Ethnic. 3(2), 106–113.
Ibrahim, R., Nahdlatul, U., Unu, U., & Tengah, J. (2013). Pendidikan Multikultural: Pengertian , Prinsip , dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. 7(1), 129–154.
Kochhar, S. . (2008). Pembelajaran Sejarah (Teaching of History). Jakarta: Grasinda.
Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Lestariningsih, W. A., & Purnomo, A. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Rembang Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 123–131.
Lionar, U. U. N., & Mulyana, A. (2019). Nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah: identifikasi pada silabus. IJSSE: Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 11–25. https://journal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/1322
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mu’in, F. (2011). Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Mulyana, A., & Darmiasti. (2009). Historiografi di Indonesia Dari Magis-Religius Hingga Strukturalis. Bandung: Refika Utama.
Naim, N., & Sauqi, A. (2011). Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Kanisius.
Safi, J. (2015). Implementasi Nilai-Nilai Perjuangan Pangeran Nuku Dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Ternate). Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Safi, J., & Bau, S. O. (2021a). Pemanfaatan Museum Rempah Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 8(1), 11–18.
Safi, J., & Bau, S. O. (2021b). The Use Of Historical Sites In Ternate As Learning Sources. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1).
Slamet. (2019). Nilai Multikulturalisme: Sebuah Implikasi & Tantangan Negara-Bangsa Indonesia ke Depan. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat IV Tahun 2019 “Pengembangan Sumberdaya Menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokal” LPPM - Universitas Muhammadiyah Purwokerto ISBN: 978-602-6697-43-1, 224–231.
Soekiman, D. (2011). Kebudayaan Indis “Dari Zaman Kompeni Sampai Revolusi.” Jakarta: Komunitas Bambu.
Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakulikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik di SMA KORPRI Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11).
Yin, R. K. (2013). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.
Refbacks
- There are currently no refbacks.