Pembelajaran Sejarah Melalui Nilai-Nilai Kesenian Degung di Kelas X IPS 1 MA Negeri 2 Ciamis Tahun Ajaran 2022-2023
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriansyah, E. (2022). Studi Minat Belajar Siswa SMK Islam Yasin Terpadu Palabuhanratu Terhadap Gamelan. 1–23.
Astuti, W. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Sekolah Menengah Atas (Sma) Di Wilayah Pedesaan Dan Perkotaan Di Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of History Education, 4(1), 69–76.
Gunawan, I., & Sulistyoningrum, R. T. (n.d.). Menggali Nilai-Nilai Keunggulan Lokal Kesenian Reog Ponorogo Guna Mengembangkan Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV. 50–87.
Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1), 81–95.
Herawan, R. (2009). Sejarah Degung. https://id.wikipedia.org/wiki/Degung
Iswantoro, G. (2017). Kesenian Musik Tradisional Gamelan Jawa Sebagai Kekayaan Budaya Bangsa Indonesia. 3(1), 129–143.
Iswara, N. H. (2015). Dinamika Kesenian Gamelan pada Fungsi Dan Pelestarian Kesenian Gamelan dalam Sanggar Budaya Singhasari di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Fisip, 1. http://repository.unair.ac.id/69467/3/JURNAL_Fis.ANT.08 18 Isw d.pdf
Jarmani. (2016). Konstrutivistik Dalam Pembelajaran Seni Gamelan Berbasis Garap Musik Kreatif. Humaniora, Sains, Dan Pengajaran, 119(4), 361–416.
Jirzanah. (2008). Aktualisasi Pemahaman Nilai Menurut Max Scheler Bagi Masa Depan Bangsa Indonesia. Journal Filsafat, 18(1), 86–106.
Kurniawan, H. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Betabuh Dalam Perspektif Moralitas Islam (Analisis Deskriptif Masyarakat Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran). Energies, 6(1), 1–8.
Nashuddin. (2020). Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Merevitalisasi Pemahaman Moderasi pada Lembaga Pendidikan di Indonesia (Analisis Praksis dan Kebijakan). Schemata, 9(1), 35–52.
Novandri, B. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Sejarah Lokal Daerah Sekitar Kota Tegal Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa SMA Negeri Se-Kota Tegal. http://lib.unnes.ac.id/19276/
Nurmawati, Suyanta, S., & Fadhillah. (2021). Pengembangan Kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTSN Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(02), 56–73.
Pajriah, S. (2020). Draf Bahan Ajar Mata Kuliah Sejarah Islam Di Indonesia.
Prasetyo, P. (2012). Seni Gamelan Jawa sebagai Representasi dari Tradisi Kehidupan Manusia Jawa: Suatu Telaah dari Pemikiran Collingwood. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1–139. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20291476-S1336-Panji Prasetyo.pdf
Putri, R. A. (2019). Kesenian Gembyung Sebagai Media Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Lumbung Kelas X IPS 1. Universitas Galuh.
Rizky, F. (2020). Perancangan Informasi Sejarah Dan Profil Alat Musik Gamelan Sunda / Degung Melalui Media Playing Card. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3548/
Sauri, S. (2013). Pengertian Nilai.
Setyawan, D. (2015). Pengertian Pembelajaran Sejarah Indonesia.
Soeprapto, S. (1995). Aktualisasai Nilai-Nilai Filsafat Pancasila Notonagoro. In Jurnal Filsafat Agustus ‘95 (pp. 30–37).
Soeriadiredja, P. (2016). Fenomena Kesenian Dalam Studi Antropologi (Bahan Ajar). 0–38.
Sugito, E., Husnita, L., & Junaidi, J. K. (n.d.). Pelaksanaan pembelajaran sejarah peminatan kelas x mipa di sma negeri 1 panti kabupaten pasaman.
Sulaiman, S. (2012). Pendekatan Konsep Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah Lontar, 9(1), 9–21. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/lontar/article/view/2373
Syafei, A. F. R. (2021). Sejarah kebudayaan Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=y55xAAAAMAAJ
Teng, M. B. A. (2017). Filsafat Kebudayaan Dan Sastra (Dalam Perspektif Sejarah). 5(1), 2354–7294.
Yuniar, E. (2022). Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pakena Gawe Rahayu Pakeun Heubeul Jaya Dina Buana Pada Prasasti Kawali I. 3(2), 483–493.
Refbacks
- There are currently no refbacks.