Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sejarah pada Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo

Dian Alya Fitri, M. Faris Abdil Aziz, Izzatul Fajriyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Perencanaan pembelajaran sejarah dalam implementasi kurikulum merdeka pada kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo, (2) Pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran sejarah kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo, (3) Evaluasi kegiatan pembelajaran sejarah berdasarkan kurikulum Merdeka kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Sumber data diperoleh dari informan guru dan siswa sejarah, dokumen dan pelaksanaan pembelajaran sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran sejarah dengan kurikulum merdeka mencakup capaian pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran dalam modul ajar (2) Pelaksanaan kurikulum Merdeka menghasilkan proses pembelajaran sejarah yang efektif sesuai dengan modul ajar dengan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning. Terdapat moving class yang ditujukan untuk membedakan kelas minat sesuai dengan pilihan masing-masing siswa, (3) Evaluasi pembelajaran sejarah dengan kurikulum merdeka menggunakan assesmen kompetensi awal, formatif dan sumatif. Kendala yang dialami siswa adalah tentang pemahaman pembelajaran moving class. Upaya mengatasinya adalah siswa memilih moving class sesuai dengan minatnya. Dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran sejarah pada kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo berjalan cukup baik.

Keywords

Implementasi; Kurikulum Merdeka; Pembelajaran Sejarah

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Aguss, R. M., Amelia, D., Abidin, Z., & Permata, P. (2021). Pelatihan Pembuatan Perangkat Ajar Silabus Dan Rpp Smk Pgri 1 Limau. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 48. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1315

Azaniah Sofia, S., & Basri, W. (2023). Implementasi Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Padang. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(1), 26–41. https://doi.org/10.23887/jjps.v11i1.59513

Fajriyah, I., & Itaqullah, V. B. P. (2021). Analisis Pembelajaran Ips Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Jurnal Artefak, 8(2), 119. https://doi.org/10.25157/ja.v8i2.6120

Imanulloh, Fajriyah, A. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH DI SMPN 1 SIDOARJO Mukhammad. 9(1), 1–11.

Jayanti, S. D., Suprijono, A., & Jacky, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 22 Surabaya. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 561–566.

Mayudana, K. Y., & Sukendra, K. (2020). Analisis Kebijakan Penyederhanaan Rpp (Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019). Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 61–68.

Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019

Muslimin, I., Arsyadana, A., & Bimasbuqin, H. A. (2023). Perencanaan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Kediri. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 134. https://doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.134-143

Putri, A. R., Fakhruddin, M. Y., & Hasmi, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Blended Learning Berbasis Microsoft Teams Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3119–3126.

Sa’diyah, I. S., Oktavia, R., Syara Bisyara, R., & Badrudin. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang SMA. Khazanah Multidisiplin, 4(2), 348–362.

Septiani, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(3), 421–435. https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.14211

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Konferensi Nasional Pendidikan, 183–190.

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.