Penerapan Media Pembelajaran Timeline untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Keaktifan Siswa di SMAN 3 Ciamis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmadi, F. (2017). Guru SD di Era Digital (Pendekatan, Media, Inovasi),. (Pendekatan, Media, Inovasi), (Semarang: Pilar Nusantara).
Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Diambil dari https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=217760
Barkley, E., & Major, C. (2020). Student engagement techniques: A handbook for college faculty 2020. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 11(1).
Bond, M. (2020). Facilitating student engagement through the flipped learning approach in K-12: A systematic review. Computers and Education, 151. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103819
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar (2 ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Dwita, R., & Zulfitria, Z. (2024). TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR: MEMBANGUN MASA DEPAN PENDIDIKAN YANG INKLUSIF DAN BERDAYA SAING. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(6), 26–34.
Faizal, M., Marscelino, B., Aryana, A., & Apreilan, Z. (2024). PENGGUNAAN MODEL GAME BASED-LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA CROSS HISTORIC PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. King Jurnal Sejarah Indonesia, 1(1).
Jannah, M., & Masnawati, E. (2024). Penerapan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(4), 173–183.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. In The Action Research Planner. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2
Lase, D. (2019). EDUCATION AND INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0. Jurnal Handayani, 10(1). https://doi.org/10.24114/jh.v10i1.14138
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3).
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Pustikayasa, I. M., Pemana, I., Kadir, F., Zebua, R. S. Y., Karuru, P., Hustita, L., … Suryani, I. (2023). TRANSFORMASI PENDIDIKAN: Panduan Praktis Teknologi di Ruang Belajar. Diambil dari https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=vnjnEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=related:CZtJh2C5Oj0J:scholar.google.com/&ots=vmDzbWemZg&sig=H_8yS-sjzBSaRpnexsHRXjG1HvY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Sanjaya, W. (2020). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Diambil dari https://prenadamedia.com/product/strategi-pembelajaran-berorientasi-standar-proses-pendidikan/
Schmidt, J. T., & Tang, M. (2020). Digitalization in Education: Challenges, Trends and Transformative Potential. In Führen und Managen in der digitalen Transformation. https://doi.org/10.1007/978-3-658-28670-5_16
Selwyn, N. (2011). Education & Technology. Key Issues & Debates. In Neurological sciences : official journal of the Italian Neurological Society and of the Italian Society of Clinical Neurophysiology. https://doi.org/3636620
Sudarto, S. (2021). Peningkatan Apresiasi Siswa Terhadap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Media Tradisi Sedekah Laut Cilacap. Jurnal Artefak, 8(2), 203–212. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/ja.v8i2.6713
Tuma, F. (2021). The use of educational technology for interactive teaching in lectures. Annals of Medicine and Surgery, Vol. 62. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.01.051
Utami, I. T., & Amin, S. (2024). Strategi Guru Sejarah terhadap Pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sejarah di SMAN 12 Semarang. VISA: Journal of Visions and Ideas, 4(3), 1434. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/visa.v4i3.2982
Volti, R., & Croissant, J. (2024). Society and Technological Change (9 ed.). Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=in8CEQAAQBAJ&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false
Widyastuti, Esy & Widodo, S. A. (2018). HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR MATEMATIKA KEAKTIFAN SISWA DAN FASILITAS BELAJAR DISEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK SE-KECAMATAN UMBULHARJO. 873–881.
Zannah, M., & Hanifah, N. (2024). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 54–65.
Refbacks
- There are currently no refbacks.