REVITALISASI EPISTEMOLOGIS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN: UPAYA MEMINIMALISIR BENCANA SOSIAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, Ani Nur. (2018). Pendidikan Nilai, Moral, Dan Karakter. Bandung: UPI Press.
Akbal, Muhammad. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Makassar: Artikel dalam Seminar Nasional “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global”.
Al Muchtar, Suwarma. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.
Al Muchtar, Suwarma. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan: Revitalisasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.
Amiruddin. (2016). Peran Pendidikan Sejarah Dalam Membangun Karakter Bangsa. Makassar: Seminar Nasional “Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global”.
Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.
Djahiri, H.A. Kosasih (2006). Esensi pendidikan Nilai Moral Dan PKN Di Era Globalisasi, Dalam Pendidikan Nilai Moral Dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan FPIPS-UPI.
Handoko, Imam P. (2006). Upaya Menjadikan Dunia Lebih Indah. Kompas.
Isna, Mansur. (2001) Diskursus Pendidikan Islam. Yogyakarta: Global Pustaka Utama.
Kaelan. (2001). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma
Kartodirdjo, Sartono. (1989). Fungsi Sejarah Dalam Pembangunan Nasional. Dalam HIstorika No. 1 Tahun I. Surakarta: Program Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta, KPK, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Latif, Yudi. (2011). Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila. Jakarta: Kompas Gramedia.
Lestari, Gina. (2015). Bhinneka Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia Di Tengah Kehidupan SARA. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Nomor 1.
Lickona. (1992). Education for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsiblity. New York: Bantam Books.
Maftuh, Bunyamin. (2008). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal EDUCATIONIST, Vol. II, No. 2.
Marzuki, dkk. (2010). Panduan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Pendidikan Karakter terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendiknas.
Mukhlis, Febri Hijroh. (2016). Teologi Pancasila: Teologi Kerukunan Umat Beragama. Kudus: Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan. Volume 4, Nomor 2. Hal: 171-186 ISSN: 2476-9649
Muqoyyidin, Andik W. (2012). Potret Konflik Bernuansa Agama Di Indonesia (Signifikansi Model Resolusi Berbasis Teologi Transformatif). Jurnal Analisis, Vol. XII, Nomor 2.
Pebriyenni. (2017). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Memperkuat Karakter Bangsa. Jurnal PPKn & Hukum, Volume 12, Nomor 2.
Rachman, Maman, dkk. (2006). Filsafat Ilmu. Semarang: UPT-MKU Universitas Negeri Semarang.
Sumardjoko, Bambang. (2013). Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembelajaran PKn Berbasis Kearifan Lokal Untuk Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa. Jurnal Varia Pendidikan, Volume 25, Nomor 2.
Suparlan, Parsudi. (2001). Bhinneka Tunggal Ika: Keanekaragaman Sukubangsa atau Kebudayaan. Yogyakarta: Perhimpunan Indonesia Baru dan Asosiasi Antropolgi Indonesia.
Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Thoha, M. Chabib. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana
Winataputra, U.S. (2016) Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dan Muatan/Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.