PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET BERBASIS SEJARAH LOKAL PEMERINTAHAN KOTA BLITAR (1906-1945) UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 KOTA BLITAR

Raisa Rahmawati, Marsudi Marsudi, Zofrano Ibrahimsyah Magribi Sultani

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media e-booklet dengan materi sejarah lokal pemerintahan Kota Blitar (1906-1945) untuk pembelajaran sejarah Indonesia pada peserta didik kelas XI di MAN 1 Kota Blitar. Pembelajaran sejarah yang terjadi di dalam SMA/MA berpusat pada pembelajaran sejarah nasional. Sejalan dengan hal tersebut, pembelajaran sejarah lokal belum mendapat perhatian dalam pembelajaran sejarah yang dilaksanakan di sekolah. Minimnya pengetahuan peserta didik terhadap sejarah lokal, keterbatasan media dan sumber belajar bagi peserta didik khususnya di Kota Blitar menjadi suatu permasalahan. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran sejarah berupa e-booklet. Metode penelitian menggunakan research and development (R & D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran e-booklet layak digunakan sebagai media pembelajaran sejarah lokal.The purpose of research and development is to develop and produce e-booklet media products with the material of the local history of Blitar City government (1906-1945) for the learning of Indonesian history for class XI students at MAN 1 Blitar City. History learning that occurs in SMA/MA is centered on national history learning. In line with this, local history learning has not received attention in history learning that is carried out in schools. The lack of students' knowledge of local history, limited media, and learning resources for students, especially in Blitar City, is a problem. Therefore, the researcher develops history learning media in the form of e-booklets. The research method uses research and development (R & D). The research results showed that the e-booklet learning media was suitable for use as a medium for local history learning.

Keywords

pengembangan bahan pembelajaran sejarah; e-booklet; sejarah lokal

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Albion, P. (2015a). Learning with Digital Technologies in Michael Henderson & Geoff Romero (Eds.). (2015). Teaching and Digital Technologies: Big Issues and Critical Questions (pp. 229-239). Cambridge: Cambridge University Press.

Albion, P. (2015b). Project-, problem-, and inquiry-based Learning in Michael Henderson & Geoff Romero (Eds.). (2015). Teaching and Digital Technologies: Big Issues and Critical Questions (pp. 240-252). Cambridge: Cambridge University Press.

Alwan, M. (2018). Pengembangan Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile Learning untuk Matapelajaran Geografi SMA guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Islam, 1(2), 26-40. Lombok Timur: Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Kamal NW Kembang Kerang Press.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1989). Educational Research: An Introduction. (5th edition). London: Longman.

Briggs, L.J., Gustafson, K.L., & Tillman, M.H. (Eds.). (1992). Instructional Design: Principles and Applications. (Second Printing). Englewood Cliffs, New Jersey: Educational Technology Publications Inc.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia bekerjasama dengan PIU UIN Antasari Banjarmasin.

Coventry, M., Felten, P., Jaffee, D., O'Leary, C., Weis, T., & McGowan, S. (2006). Ways of Seeing: Evidence and Learning in the History Classroom. The Journal of American History (JAH), 92(4), 1371-1402.

Ermawati, I.R., Andita, A., Fitriana, A., Andriastuti, A., & R, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Fotonovela Fisika Menggunakan Android Berbasis Karakter untuk Siswa Tuna Rungu (SLB - B). Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah (JIPFRI), 4(1), 34-40. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.638

Howard, S.K. & Mozejko, A. (2015). Considering the History of Digital Technologies in Education in Michael Henderson & Geoff Romero (Eds.). (2015). Teaching and Digital Technologies: Big Issues and Critical Questions (pp. 157-168). Cambridge: Cambridge University Press.

Kadarusma, G. & Cahyono, B.E.H. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Pohon Ajaib dengan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Siswa Tunarungu Kelas II SDLB Dharma Wanita Jiwan Kabupaten Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(1), 61-71., http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/linguista/article/view/2756/1725

Kartodirdjo, S. (1992). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia No. 59 Tahun 2014 tentang Pedoman Guru Mata Pelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Munirah, K., Ramdiah, S., & Prayitno, B. (2020). Pengembangan Perangkat Pem-belajaran Berbasis Kearifan Lokal Kalimantan Selatan untuk Mening-katkan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis Peserta Didik Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 7(2), 77-84., DOI: 10.25273/florea.v7i2.7888.

Obizoba, C. (2015). Instructional Design Models-Framework for Innovative Teaching and Learning Methodologies. International Journal of Higher Education Management (IJHEM), 2(1), 40-51., https://ijhem.com/cdn/article_file/i-3_c-22.pdf., accessed on 14 August 2020.

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Sayono, J. (2013). Pembelajaran Sejarah di Sekolah: Dari Pragmatis ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya (JSB), 7(1), 9-17. Malang: Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Schramm, W. (1977). Big Media Little Media: Tools and Technologies for Instruction (People and Commu-nication). Beverly Hills, California & London: Sage Publication.

Shep, S.J., Sheehan, M., & McKinley, D. (2013). Exploring Digital Technologies and Historical Thinking in Undergraduate Learning and Teaching at VUW (Victoria University of Wellington). (Report February 2013). Wellington: Victoria University of Wellington.

Simamora, R.H. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC Medical Book.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutimin, L.A. & Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Walker, T.D. (2017). Teach Like Finland (Mengajar Seperti Finlandia): 33 Strategi Sederhana untuk Kelas yang Menyenangkan. (Penerjemah: Fransiskus Wicakso). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia (PT Grasindo).

Widja, I.G. (1989). Dasar-dasar Pengem-bangan Strategi serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (P2LPTK) Departemen Pendidikan Nasional RI.

Yoag, A., Na, C.S., Beng, L.Y., & Japang, M. (2012). Students’ and Teachers’ Perception towards an Interactive Courseware for History Subject: A Case Study in Labuan Secondary Schools. Malaysian Journal of Educational Technology (MJET), 12(3), 5-13.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.