PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET BERBASIS SEJARAH LOKAL PEMERINTAHAN KOTA BLITAR (1906-1945) UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 KOTA BLITAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Albion, P. (2015a). Learning with Digital Technologies in Michael Henderson & Geoff Romero (Eds.). (2015). Teaching and Digital Technologies: Big Issues and Critical Questions (pp. 229-239). Cambridge: Cambridge University Press.
Albion, P. (2015b). Project-, problem-, and inquiry-based Learning in Michael Henderson & Geoff Romero (Eds.). (2015). Teaching and Digital Technologies: Big Issues and Critical Questions (pp. 240-252). Cambridge: Cambridge University Press.
Alwan, M. (2018). Pengembangan Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile Learning untuk Matapelajaran Geografi SMA guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Islam, 1(2), 26-40. Lombok Timur: Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Kamal NW Kembang Kerang Press.
Borg, W.R. & Gall, M.D. (1989). Educational Research: An Introduction. (5th edition). London: Longman.
Briggs, L.J., Gustafson, K.L., & Tillman, M.H. (Eds.). (1992). Instructional Design: Principles and Applications. (Second Printing). Englewood Cliffs, New Jersey: Educational Technology Publications Inc.
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia bekerjasama dengan PIU UIN Antasari Banjarmasin.
Coventry, M., Felten, P., Jaffee, D., O'Leary, C., Weis, T., & McGowan, S. (2006). Ways of Seeing: Evidence and Learning in the History Classroom. The Journal of American History (JAH), 92(4), 1371-1402.
Ermawati, I.R., Andita, A., Fitriana, A., Andriastuti, A., & R, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Fotonovela Fisika Menggunakan Android Berbasis Karakter untuk Siswa Tuna Rungu (SLB - B). Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah (JIPFRI), 4(1), 34-40. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.638
Howard, S.K. & Mozejko, A. (2015). Considering the History of Digital Technologies in Education in Michael Henderson & Geoff Romero (Eds.). (2015). Teaching and Digital Technologies: Big Issues and Critical Questions (pp. 157-168). Cambridge: Cambridge University Press.
Kadarusma, G. & Cahyono, B.E.H. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Pohon Ajaib dengan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Siswa Tunarungu Kelas II SDLB Dharma Wanita Jiwan Kabupaten Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(1), 61-71., http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/linguista/article/view/2756/1725
Kartodirdjo, S. (1992). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia No. 59 Tahun 2014 tentang Pedoman Guru Mata Pelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Munirah, K., Ramdiah, S., & Prayitno, B. (2020). Pengembangan Perangkat Pem-belajaran Berbasis Kearifan Lokal Kalimantan Selatan untuk Mening-katkan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis Peserta Didik Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 7(2), 77-84., DOI: 10.25273/florea.v7i2.7888.
Obizoba, C. (2015). Instructional Design Models-Framework for Innovative Teaching and Learning Methodologies. International Journal of Higher Education Management (IJHEM), 2(1), 40-51., https://ijhem.com/cdn/article_file/i-3_c-22.pdf., accessed on 14 August 2020.
Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Sayono, J. (2013). Pembelajaran Sejarah di Sekolah: Dari Pragmatis ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya (JSB), 7(1), 9-17. Malang: Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.
Schramm, W. (1977). Big Media Little Media: Tools and Technologies for Instruction (People and Commu-nication). Beverly Hills, California & London: Sage Publication.
Shep, S.J., Sheehan, M., & McKinley, D. (2013). Exploring Digital Technologies and Historical Thinking in Undergraduate Learning and Teaching at VUW (Victoria University of Wellington). (Report February 2013). Wellington: Victoria University of Wellington.
Simamora, R.H. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC Medical Book.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutimin, L.A. & Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Walker, T.D. (2017). Teach Like Finland (Mengajar Seperti Finlandia): 33 Strategi Sederhana untuk Kelas yang Menyenangkan. (Penerjemah: Fransiskus Wicakso). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia (PT Grasindo).
Widja, I.G. (1989). Dasar-dasar Pengem-bangan Strategi serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (P2LPTK) Departemen Pendidikan Nasional RI.
Yoag, A., Na, C.S., Beng, L.Y., & Japang, M. (2012). Students’ and Teachers’ Perception towards an Interactive Courseware for History Subject: A Case Study in Labuan Secondary Schools. Malaysian Journal of Educational Technology (MJET), 12(3), 5-13.
Refbacks
- There are currently no refbacks.