PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH PENGANTAR SOSIOLOGI-ANTROPOLOGI DALAM MENUMBUHKAN HUMANISME

Brigida Intan Printina, Yoel Kurniawan Raharjo

Abstract

Pengantar Sosiologi dan Antropologi memiliki capaian pembelajaran mengembangkan manusia-manusia humanis yang peka dengan persoalan sosial-budaya. Masyarakat sebagai sebuah kajian dijadikan sebagai social laboratory untuk diamati dengan terjun melihat ke lapangan. Namun pandemi Covid-19 memaksa model pembelajaran berubah menjadi daring untuk menimalisir paparan pergerakan virus. Hal ini menjadi sebuah problematika sekaligus tantangan bagi pembelajaran Sosiologi-Antropologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring Pengantar Sosiologi-Antropologi; 2) Idealisasi pembelajaran Pengantar Sosiologi-Antropologi untuk menumbuhkan nilai-nilai humanisme; dan 3) Solusi atas problematika pembelajaran daring sebagai sebuah tantangan. Metode yang digunakan riset kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam (depth interview) dan studi literatur. Adapun manfaat dari penelitian ini ialah menemukan solusi idealisasi pembelajaran daring dalam mata kuliah Pengantar Sosiologi-Antropologi untuk menumbuhkan humanisme ditengah dunia yang semakin tidak menentu akibat pandemi Covid-19

Keywords

Pembelajaran Daring; Covid-19; Sosiologi-Antropologi; Humanisme

References

Asmuni. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Paedagogy. Vol. 7/4/2020. Hlm 281-288

Christiana, Esther. 2013. Pendidikan Yang Memanusiakan Manusia. Humaniora. No. 4/1/2013. Hlm 398-410

Creswell, John W. 2018. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih Di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hidayati, Apriliana Dwi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Internet Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di SMAN Ajibarang. Skripsi. Jurusan Sosiologi dan Antropologi. Universitas Negeri Semarang

Kemdikbud. 2020. Booklet Pembelajaran Daring. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud

Koenjaraningrat. 2002. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta

Kurniawan, Ganda Febri. 2020. Problematika Pembelajaran Sejarah Dengan Sistem Daring. Diakronika. Vol.20/2/2020. Hlm 76-87

Laksono, Alfan P. 2020. E-modul 4.0 Pembelajaran Interaktif. Laporan Materi disampaikan dalam acara SEAMO SEAMOLEC

Milles, Matthew B dan Huberman Michael A. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press

Putri, Feryda Indriyanti. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran daring Mata Pelajaran Sosiologi Materi Permasalahan Sosial Yang Disebabkan Oleh Perubahan Sosial Dengan Model Problem Based Learning Melalui Aplikasi Lms “Smaba-El” Di Kelas Xii Ips 1 SMA Negeri 1 Bandongan Tahun Pelajaran 2020/2021. Habitus. Vol 4/1/2020. Hlm 187-201

Ravando, Lie. 2020. Perang Melawan Influenza: Pandemi Flu Spanyol di Indonesia Masa Kolonial 1918-1919. Jakarta: Kompas

Rifai, Achmad dan Anni Chatarina T. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press

Soedjono. 1985. Sosiologi. Bandung: Penerbit Alumni

Soekanto, Soerjono. 2002. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Perkasa

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Veeger, Karel J. 1998. Pengantar Sosiologi: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia

Wahono. Romi S. 2005. Pengantar e-learning dan Pengembangannya. Makalah Disampaikan Dalam

Refbacks

  • There are currently no refbacks.