Analisis Kerjasama Bilateral Sosial Politik China dan Indonesia dalam Masa Kepemimpinan Joko Widodo

Anisya Munatama, Kiki Zhaidah

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kerjasama bilateral sosial politik antara China dan Indonesia pada masa kepemimpinan Joko Widodo yang telah.dilakukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk kerjasama bilateral dalam sosial politik antara China dan Indonesia saat kepemimpinan Joko Widodo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu menjabarkan data dan memberikan analisis dengan deskriptif secara deduktif. Yang mana, menganalisis hasil kerjasama Indonesia dan China menjadi fokus analisis untuk mencari kerjasama bilateral yang terjadi dalam sosial politik era kepemimpinan Joko Widodo. Hasil penelitian ini menunjukan pada masa kepemimpinan Joko Widodo hubungan kerjassama bilateral politik, ekonomi, sosial dan budaya antara Indonesia dan China telah berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. China merupakan salah satu negara yang memiliki hubungan bilateral dengan Indonesia. Kerjasama bilateral adalah hubungan kerjasama antara dua pihak, dalam hal ini terdapat dua entitas yang bertindak sebagai Negara. Dilihat bahwa adanya rasa saling membutuhkan dari satu negara dengan negara yang lainya. Dari Kerjasama bilateral ini sangat tidak dipungkiri memiliki posisi yang penting untuk meminta bantuan dari negara lain karena sejatinya negara tidak dapat berdiri dengan sendirinya. Dengan menjabatnya Joko Widodo menjadi Presiden membuat perjanjian kerjasama telah ditandatangani dalam kerangka hubungan masyarakat dengan China. Hal ini, membuat hubungan kedua negara ini menjadi kuat. Kerjasama bilateral ini menjadikan negara Indonesia cukup kuat dan Indonesia sendiri disukai oleh China. Maka dari itu, China gencar melakukan Kerjasama bilateral di dalam sosial politiknya.

Keywords

Kerjasama Bilateral; China-Indonesia; Joko Widodo

References

Amalia, R. (2018). Kerja Sama Maritim Indonesia-China Menuju Visi Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia. Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 2018, 6 (3).

Amanda, R. (2021). Hegemoni Dibalik Hubungan Bilateral China-Indonesia. Jurnal Pamator, 14(1).

Andika, M. T. (2017). Analisis Politik Luar Negeri Indonesia-China di Era Presiden Joko Widodo: Benturan Kepentingan Ekonomi dan Kedaulatan Indonesian Perspective, 2(2).

Ansori, F. (2017). Pusat Bahasa Mandarin Universitas Al Azhar Indonesia: Refleksi dan Proyeksi Hubungan Sosial Budaya China-Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(1).

Denimah. (2021). Peran Kerjasama Bilateral Australia– Indonesia Melalui Program Mampu (Kemitraan Australia-Indonesia Untuk Kesetaraan Gender Dan Pemberdayaan Perempuan) Dalam Mendukung Tercapainya Sustainable Development Goals Di Indonesia Tahun 2017–2020. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hastangka & Farid, M. (2020). Kebijakan Politik Presiden Jokowi Terhadap Masalah Kewarganeraan Dalam Merespons Isu Global: Studi Kasus Covid-19. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(1), 1-12.

Huda, N. (2018). Perdagangan Bilateral Indonesia-China Periode 2000-2009. Repository YARSI.

Kalebos, F. E., Mamentu, M., & Tulung, T. E. (2020). Kerjasama Indonesia-China (Suatu Studi Tentang Kebijakan Penerbangan Langsung Manado-China). Jurnal Politico, 9(1).

Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal studi komunikasi dan media, 15(1).

Madu, L. (2014). Reorientasi Politik Luar Negeri Indonesia Pada Pemerintahan Joko Widodo, 2014 – 2019. Jurnal Transnasional, 9(2).

Poole, A. (2014) The Foreign Policy Nexus; National Interests, Political Values, and Identity. Australia: National Security College Issue Brief.

Putri, S. Y, & Ma'arif, D. (2019). Kerja Sama Ekonomi-Politik Indonesia dan China pada Implementasi Program Belt and Road Initiative. Jurnal Lemhannas RI , 7 (3).

Rachmayanti, N. (2014). Dinamika Hubungan Bilateral Indonesia-China (China) Pada Era Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2013). Retrieved August, 19, 2016.

Rosyidin, M. (2017). Foreign Policy In Changing Global Politics: Indonesia’s Foreign Policy And The Quest For Major Power Status In The Asian Century. South East Asia Research, 25(2).

Saputra, F. A. (2016). Dampak Program Pemberantasan Iuu Fishing Terhadap Hubungan Bilateral Indonesia – China. Journal Ilmu Hubungan Internasional, 2016, 4 (4).

Saragih, H. M. (2018). Diplomasi Pertahanan Indonesia Dalam Konflik Laut China Selatan. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 8(1).

Saragih, H. M. dkk. (2022). Kekuatan Ekonomi-Politik China Pasca Covid-19. Jurnal Dauliyah, 7(1).

Sari, N. L. A. & Suwanda, I.W. (2019). Kebijakan Di Era Pemerintahan Joko Widodo Dan Jusuf Kalla (Perspektif Politik Hukum Dan Agraria). Jurnal Ganec Swara, 13(2).

Setiawan, A. (2020). Politik Luar Negeri Indonesia Era Covid-19: Penyelamatan Dan Kerjasama. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia dan Global, 1(2).

Simanjutak, C. U. & Rachman, M. F. A. (2020). Kerja Sama Bilateral Cina-Rusia dalam Sektor Gas Alam Tahun 2014 untuk Meningkatkan Keamanan Energi Cina. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 16 (1).

Situmorang, M. (2015). Orientasi Kebijakan Politik Luar Negeri Indonesia di bawah Pemerintahan Jokowi-JK. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 11(1).

Sudjatmiko, T. (2012). Analisa Hubungan China-Indonesia Terkait Keantariksaan. Jurnal Berita Dirgantara, 13(4).

Tobing, S. E. L., & Prasetya, M. N. (2021). Kerjasama Indonesia-China Melalui Program (KRPL) Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Era SBY. Jurnal Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Kependidikan, 2(1),

Umar, H. & Naya, C.G. (2020). Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Menghadapi Hegemoni China Di Kawasan Laut China Selatan Pada Pemerintahan Joko Widodo Tahun 2016 – 2019. Jurnal Ilmu dan Budaya, 141(71).

Zein, Abdul Baqir. (2000). Etnis China Dalam Potret Pembauran di Indonesia. Jakarta: Prestasi Insan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.