EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Tiana Putri Hidayati, Yoyon Sutresna, Warsono Warsono

Sari


Pembelajaran sains, seyogyanya lebih menekankan pada proses. Penggunaan model dan metode pembelajaran yang tidak sesuai membuat peserta didik tidak memahami dan mengerti akan konsep-konsep yang ada pada setiap materi ilmu yang dipaparkan. Oleh sebab itu dibutuhkan model dan metode yang sesuai sebagai sarana untuk mempermudah siswa dalam memahami suatu materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada sub pokok materi Vertebrata. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 3 Ciamis yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 95 Siswa. Data yang diperoleh, di olah dengan uji statistik non-parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Dari hasil perhitungan dengan uji wilcoxon di ketahui Whitung < Wdaftar dengan perolehan Whitung sebesar 97,5 dan Wdaftar sebesar 137,2. Hasil penelitian menununjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping efektif terhadap keterampilan proses sains siswa pada sub materi Vertebrata dengan tingkat pengaruh sedang (N- gain 0,56). Efektivitas penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping menunjukkan nilai effect size yang tinggi dengan perolehan nilai sebesar 0,8 Percent of Nonoverlap 47,40% dan Percentile Standing 79. Kata kunci : Problem Based Learnig, Mind Mapping, Keterampilan Proses Sains

Referensi


Anonim. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi SMA. Jakarta. Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Arahmat, Y. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi”. Skripsi, Jember : Universitas Jember

Becker, A.L., (2000). Effect Size (ES). Tersedia: http://www.bwgriffin.com/gsu/courses/edur9131/content/EffectSizeBecker

.pdf. [24 Februari 2020]

Buzan, T. (2013). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hake, R.R., (2002). Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/~hake. [2 Februari 2020]

Hindasti, N. E. K., Suciati., & Baskoro., (2014). “Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Disertai Teknik Roundhouse Diagram dan Mind Map Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Inkuiri. 3(11):75-85.

Lukman, L. A., Martini, K. S., & Utami, B. (2015). “Efektivitas Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai Media Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Di Kelas XI IPA SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan Kimia. 4(1):113-119.

Mulyono, N. (2015). Kurikulum & Pembelajaran. Bandung: Rizqi Nurgana, E. (1985). Statistik untuk Penelitian. Bandung: C.V. PERMADI

Rismawati., Sinon, I. L. S., Yusuf, I., & Widyaningsih, S., (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta dIdik di SMK Negeri 02 Manokwari”. Jurnal Pendidikan. 8(1):12-25.

Rustaman, N. (2017). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM PRESS Semiawan, C., Tangyong, A.F., Matahelemual, Y., & Suseloardjo, W., (1989).

Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA Sumarta, I. G. B., (2017). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan

Mind Map Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa SMK”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 1(1):68-77.

Swadarma. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran.

Jakarta: Gramedia.

Ula, W. R. R., (2019). “Pengaruh Problem Based Learning (PBL) dengan Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis”. Jurnal Belaindika Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan. 1(2):2-11.

Wahyudi, A., & Marjono, H., (2015). “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Jumapolo Tahun Pelajaran 2013/2014.”. Bio-Pedagogi. 4(1):5-11.

Ware, K., & Eli, R., (2018). “Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA”. Jurnal Tadris Kimia. 3(1):42-51.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v9i1.5327

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA