PENGARUH PENGGUNAAN TABEL KLADISTIK TERHADAP PEMAHAMAN MATERI ZOOLOGI INVERTEBRATA

Adun Rusyana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mecari model pembelajaran efektik guna meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mempelajari Zoologi Invertebrata. Subjek penelitian terdiri atas 25 orang  mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi pada salah satu PTS di Provinsi Jawa Barat  Semester V tahun akademik 2020-2021 yang sedang menempuh matakuliah Zoologi  Invertebrata. Metoda penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan teknik analisis data: (1)  uji Uji One Sample Test; (2) Uji Paired Sample Test (IBM SPSS Statistic 24); dan Tingkat pengaruh dihitung dengan rata-rata capaian pemahaman (RCP), RCP = skor rata:skor rata maximum. Hipotesis penelitian: (1)  Penggunaan tabel kladistik berpengaruh terhadap pemahaman materi Zoologi Invertebrata; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh penggunaan tabel kladistik terhadap pemahaman materi Zoologi Invertebrata pada takson kelas dan family. Simpulan dari penelitian ini adalah : (1) Penggunaan tabel kladistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman materi Zoologi Invertebrata dengan tingkat pengaruh 68 %; (2) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan tabel kladistik terhadap pemahaman Zoologi Invertebrata pada takson kelas dan family (takson kelas=78% sedangkan takson family= 58%). Kata Kunci:Tabel Kladistik, Zoologi Invertebrata

Teks Lengkap:

hal 18-26 (Download PDF)

Referensi


Depdikbud-Ditejen Dikti (1983). Metodologi Penelitian-Materi Dasar Pendidikan Program Akta Mengajar. Jakarta: Depdikbud-Ditejen Dikti.

Harvey & Pagel (1991). ] The comparative method in evolutionary biology. [Online]. Tersedia: https://scholar.google.co.id/scholar?q=Harvey+%26+ Pagel+(1991)&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi= scholart [20 Februari 2021]

A.Hidayat (2017).System Thinking [Online].Tersedia: https://hidayatno.id/tag/berpikir sistem-systems-thinking/ [20 Februari 2021]

Rusyana, A. (2014). Keterampilan Berpikir-Pedoman dan Acuan Para Peneliti Keterampilan Berpikir. Yogyakarta: Ombak

Rusyana, A.(2013). Pengembangan Program Perkuliaan Zoologi Invertebrata untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis-Kreatif dan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Disertasi Doktor pada SPs UPI Bandung: tidak diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v9i1.5333

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.






 
Jurnal ini terindeks :