EFEKTIVITAS APLIKASI BERBASIS ANDROID TERHADAP UNDANG-UNDANG KEBIDANAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

rissa nuryuniarti, endah nurmahmudah, Ratni N, Ubad Badrudin, Puput Putri Rahmapratiwi, Ranty Arrasylia Putri

Sari


Pembuatan Aplikasi UU Kebidanan Berbasis Android yang telah di lakukan pada penelitian sebelumnya belum diuji keefektivitasannya. Aplikasi tersebut dibuat beradasarkan Fenomena dilapangan didapatkan bahwa tidak setiap petugas kesehatan khususnya bidan maupun mahasiswa kebidanan yang telah menerima mata kuliah etika kebidanan dan hukum kesehatan mengetahui secara detail mengenai regulasi kebidanan. Tujuan penelitian ini adalah menguji kefektivan dari Aplikasi UU Kebidanan Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dalam pendidikan merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengembangkan dan mengetahui validitas suatu aplikasi (Sugiyono, 2014). Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media pembelajaran berbasis Android dengan hasil uji ahli media diperoleh rata rata 90% dengan kategori valid. Hasil uji ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 91% dengan kategori valid. Hasil uji angket praktikalitas dosen diperoleh rata-rata 94,44 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji angket praktikalitas peserta didik diperoleh rata-rata 76,54% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil temuan penelitian di atas di simpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android ini valid, praktis dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah etika dan hukum Kesehatan.

Kata Kunci


Regulasi Kebidanan, Media Pembelajaran, Android

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Buku

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

B. Peraturan Perundang-undangan

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 320 tahun 2020 tentang Standar Profesi Bidan

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1261 tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Kerja Bidang Kebidanan

C. Jurnal

Arum, T. S., & Wahyudi, W. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 239. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250.

Ilmadi, Zarista, R. H., Aden, & Sastro, G. (2020). The Effectiveness of Online Learning for Mathematics Students During the Covid-19 Pandemic (Case Study-Mathematics Study Program, Pamulang University). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1273–1282. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.372.

Koswara, K., & Rasto, R. (2016). Kompetensi dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 61. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3269

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Techology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336.

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020, October). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1). https://doi.org/https: https:// https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8793.

P. M., & Murdi, P. B. (2019). Pelayanan Kesehatan Di Era Jaminan Kesehatan Nasional Sebagai Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Jurnal Wacana Hukum, 25(1), 80. https://doi.org/10.33061/1.jwh.2019.25.1.3046

Rakhman, K. A., Saraha, A. R., & Sugrah, N. (2017). Pengembangan Video Penggunaan Alat Gelas Laboratorium Kimia di Universitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 161. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.15667

RI, P. Permenkes RI NO. 28 tAHUN 2017 Tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan, Internet § (2017). Retrieved from http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No._28_ttg_Izin_dan_Penyelenggaraan_Praktik_Bidan_.pdf

Wahyuni, I. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–11.

Walid, M., Saragih, M. R., Kunci, K., Organisasi, B., Guru, K., Usman, K., Yusrizal, I., Ibrahimii, S., Darmada, I. K., Dantes, N., Natajaya, N., Suryadinata, L. F., Agam, F., Suparman, L., & Kerja, B. (2013). Kontribusi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri se-Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana. Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram, 3(2), 1–25. https://doi.org/10.21831/economia.v9i2.1809.

Wijayanengtias, M., & Claretta, D. (2020). Student Perceptions of Online Learning during the Covid-19 Pandemic. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 16–21. https://doi.org/10.21070/kanal.v9i1.685

Yanuar amin. (2017). Etika Profesi dan Hukum Kesehatan (1st ed.). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Retrieved from http://perpus.poltekeskupang.ac.id/index.php?p=fstream&fid=76&bid=3187&fname=Etika-Profesi-dan-Hukes-SC.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/justisi.v13i2.16326

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


___________________________________________________________________
R E D A K S I
FAKULTAS HUKUM
UNIVERSITAS GALUH
JL. R.E. MARTADINATA NO. 150 Tlp. (0265) 771048 Ciamis
Email: justisiafhunigal150@gmail.com
__________________________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Galuh Justisi is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License