PENGANGKATAN UMKM DI MASA PANDEMI MELALUI KEBIJAKAN PERLINDUNGAN HUKUM DAN PEMBERDAYAAN

Endang Purwaningsih, Nurul Fajri Chikmawati

Sari


Tujuan penelitian ini  adalah untuk mendeskripsikan: 1) bentuk perlindungan hukum selama  masa pandemic covid 19 yang diterapkan bagi UMKM; 2) model pemberdayaan UMKM dalam upaya mengangkat kepentingan UMKM dalam masa pandemic. Penelitian ini termasuk dalam penelitian normatif terapan atau penelitian normatif empiris yakni menekankan pada data sekunder didukung hasil pengamatan dan wawancara dengan pelaku UMKM, Asosiasi/Perkumpulan Pelaku UMKM,  dan Dinas Koperasi UMKM. Penelitian ini  menggunakan literary study dan didukung dengan in depth interview,  dengan statute approach, sosiologisch approach dan historish approach,  sehingga data  diperoleh baik dari kepustakaan, dukungan pengamatan maupun wawancara.  Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data primer berupa angka atau pun hasil wawancara dan pengamatan hanyalah sebagai pendukung data sekunder saja. Data sekunder yang digunakan adalah bahan hukum primer dan  bahan hukum sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, kebijakan dan regulasi selama pandemic, telah diberlakukan UU Cipta Kerja dan turunannya, juga kebijakan pemulihaan ekonomi nasional; namun dalam pelaksanaannya hingga saat ini belum cukup membantu pelaku UMKM yang cenderung ingin segera tumbuh dan bangkit kembali produksinya dan pemasarannya. Perlu keberpihakan dan pendampingan terus menerus selain bukti nyata fasilitasi. Penerapan kebijakan bagi UMKM di masa pandemic belum sesuai dengan harapan pemenuhan kepentingan UMKM untuk segera pulih dan bangkit

Kata Kunci


UMKM; Pandemi; Perlindungan Hukum; Pemberdayaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggadwita, G. & Mustafid, Q.Y. 2014. “Identification of Factors Influencing the Performance of Small Medium Enterprises (SMEs).” Procedia - Social and Behavioral Sciences 115: 415–23. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.448.

Aplin, T. & Davis, J. 2013. Intellectual Property Law, Text, Cases and Materials, second edition, United Kingdom: Oxford University Press

Aziz, N.N.A, & Samad, S. 2016. “Innovation and Competitive Advantage: Moderating Effects of Firm Age in Foods Manufacturing SMEs in Malaysia.” Procedia Economics and Finance 35 (October 2015): 256–66. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)00032-0.

Barnes, A. J., Dworkin, T.M. & Richards, E.L 2012. Law for Business, New York: Mc.Graw. Hill Irwin

Barr, S. 2017. How to create a high performance culture and measurable success. Prove it.2017. New Jersey: John Wiley & Sons. Hoboken.

Brem, A., Maximilian, M. & Wimschneider, C. 2016 "Competitive advantage through innovation: the case of Nespresso", European Journal of Innovation Management, Vol. 19 No. 1, https://doi.org/10.1108/EJIM-05-2014-0055 pp. 133-148

Coccia, M. 2017. “Sources of Technological Innovation: Radical and Incremental Innovation Problem-Driven to Support Competitive Advantage of Firms.” Technology Analysis and Strategic Management 29 (9): 1048–61. https://doi.org/10.1080/09537325.2016.1268682.

Cooper, R.G., & Edgett, S.J. 2010. “Developing a Product Innovation and Technology Strategy for Your Business.” Research Technology Management 53 (3): 33–40. https://doi.org/10.1080/08956308.2010.11657629.

Cravens, D.W. & Piercy, N.F. 2009. Strategic Marketing, international edition, ninth edition, New York: The Mc.Graw-Hill Companies, Inc.

Dereli, D.D. 2015. “Innovation Management in Global Competition and Competitive Advantage.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 195: 1365–70. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.323.

Distanont, A, & Khongmalai, O. 2018. “The Role of Innovation in Creating a Competitive Advantage.” Kasetsart Journal of Social Sciences, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.07.009.

Djumhana, M. & Djubaedillah, 2003.Hak Milik Intelektual (Sejarah, Teori dan

Dornis, T.W, 2017. Trademark and Unfair Competition Conflicts, historical comparative, doctrinal and Economic perspectives, United Kingdom: University Printing House

Dworkin, R & Virtue, S. 2002. The theory and Practice of Equality, London England: Harvard University

Emanuel, S.L, 2013. Corporations and Other Business Entities, USA: Wolters Kluwer Law & Business

e-tutorial.dgip.go.id/wp-content/uploads/brosur/panduan-2012.pdf, diakses pada 9 Januari 2014

Feld, B. & Mendelson, J. 2016. Venture deals, third edition, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

https://covid19.go.id/p/berita/lima-skema-perlindungan-dan-pemulihan-umkm-di-tengah-pandemi-covid-19 diakses 11Agustus 2020

https://theconversation.com/bantuan-utang-untuk-umkm-selama-pandemi-tidak-tepat-sasaran-5-cara-untuk-memperbaikinya-140730 diakses 1 September 2020

https://theconversation.com/bantuan-utang-untuk-umkm-selama-pandemi-tidak-tepat-sasaran-5-cara-untuk-memperbaikinya-140730 diakses 1 September 2020

https://www.beritasatu.com/whisnu-bagus-prasetyo/ekonomi/664255/pemerintah-perkuat-dukungan-untuk-umkm-hadapi-pandemi diakses 1 September 2020

https://www.hukumonline.com/berita/baca/lt5ed8e7c998566/ini-bentuk-dukungan-pemerintah-terhadap-umkm-di-tengah-pandemi/diakses 1 September 2020

https://www.scribd.com/document/328163937/Teori-Kearifan-Lokal diakses 14 Juni 2017

Kotler, P. & Keller, K.L. 2016. Marketing Management, Edinburgh Gate England: Pearson Education Limited.

Kotler, P.& Armstrong, G. 2016 .Principles of Marketing, sixteenth edition, Edinburgh Gate England: Pearson Education Limited,

Leland, K.T. 2016. The Brand Mapping Strategy, USA: Entrepreneur Press

Lew, D.K. 2014. The social executive. McDougall, Australia: John Wiley Sons

Lynn, G.S., & Akgün, A.E. 1998. “Innovation Strategies under Uncertainty: A Contingency Approach for New Product Development.” EMJ - Engineering Management Journal 10 (3): 11–18. https://doi.org/10.1080/10429247.1998.11414991.

Merges, R. in Kieff, S. & Paredes, T.A (editor), 2015.Perspectives on Commercializing Innovation. New York: Cambridge University Press.

Noe, R.A., et.al. 2017. Human resource management: Gaining a competitive advantage. McGraw Hill: Education; 1st Edition edition.

Peter, J.P.& Olson, J.C. 2010.Consumer Behavior & Marketing Strategy, international edition, ninth edition, New York: The Mc.Graw-Hill Companies, Inc.

Prakteknya di Indonesia), Bandung : PT Citra Aditya Bakti

Saidin, OK, 2007. Aspek Hukum Hak Kekayaan Intelektual, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada,

Stanton, W. J. 2005. Fundamental of Marketing, 10th. Ed. Tokyo: Mc-Graw Hill Kogakusha. Diunduh Dari lib.ui.ac.id/file?file=digital/123591 tanggal 7 Mei 2017

Sukmadewi, Y.D. 2018. Kajian Legalitas dan Manajemen Merek Pada UMKM Munaku Sulam Pita Semarang. Jurnal Law Reform Program Studi Magister Ilmu Hukum Volume 14, Nomor 2, Tahun 2018 diakses 17 mei 2019 file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/20874-55113-1-SM.pdf

Tomasic, Roman and Leon Wolff, 2014.Commercial Law in East Asia, England: Ashgate Publishing Company.

Uzzaman, B. 2015, Bisnis Pemasaran On-line diunduh dari http://www.kembar.pro/2015/08/apa-keuntungan-melakukan-pemasaran-secara-online.html tanggal 7 Mei 2017.

Vadi,V. 2014.Cultural heritage in international investment law and arbitration, 2014, Cambridge University Press, United Kingdom

Yuhassarie, E. dkk, 2005. Hak Kekayaan Intelektual dan Perkembangannya, Jakarta: Pusat Kajian Hukum




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/justisi.v10i1.6183

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


___________________________________________________________________
R E D A K S I
FAKULTAS HUKUM
UNIVERSITAS GALUH
JL. R.E. MARTADINATA NO. 150 Tlp. (0265) 771048 Ciamis
Email: justisiafhunigal150@gmail.com
__________________________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Galuh Justisi is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License