SEJARAH DAN PEMBANGUNAN BANGSA

A Sobana Hardjasaputra

Abstract

Sejarah sebagai ilmu termaskuk ke dalam kelompok ilmu-ilmu hunaniora. Ilmu Sejarah merupakan ilmu empiris (empiria = pengalaman), karena sejarah syarat dengan pengalaman-pengalaman penting manusia di masa lampau. Oleh karena itu, sejarah dapat berfungsi sebagai media pembangunan bangsa. Sesuai dengan substansi masalah yang dibicarakan dalam tulisan ini, metode yang digunakan dalam penelitiannya adalah metode sejarah ditunjang oelh metode kualitatif. Hasil penelitian sampai pada simpulan, bahwa sejarah, terutama sejarah dalam pengertian sejarah sebagai kisah, dapat berfungsi sebagai sarana pembelajaran bagi pembangunan bangsa.Kata Kunci: Sejarah, Pembangunan Bangsa

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Abdullah, T. dan Surjomihardjo, A. (eds.). 1985. Ilmu Sejarah dan Historiografi; Arah dan Perspektif. Jakarta: Gramedia.

Ankersmit, F.R. 1987. Refleksi Tentang Sejarah. Terjemahan Dick Hartoko. Jakarta: Gramedia.

Berkhofer Jr., R.F. 1971. A Behavioral Approach to Historical Analisys. New York: Free Press.

Buston, W.H. 1963. Principles of History Teaching. London: Methuen.

Carr, E.H. 1990. What is History. 2nd Edition. London: Penguin Books.

Gunning, D. 1978, The Teaching of History. London: Croom Helm.

Hariyono. 1995. Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Hardjasaputra, A. Sobana. 2010. Metode Penelitian dan Penulisan Sejarah. Bandung: Fakultas Sastra Unpad.

Indonesia. Depdikbud. 1990. Subtema Penulisan Sejarah. Hasil Seminar Sejarah Nasional V. Jakarta: Depdikbud. Disjarah Nitra. Proyek IDSN.

Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Rowse, A.L. 1965. The Use of History. New York: Collier Books.

Thomson, David. 1974. The Aims of History; Values of the Historical Attitude. London: Thames and Hudson.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.