PENGARUH PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS MAHASISWA TINGKAT II PENDIDIKAN SEJARAH UNIGAL CIAMIS TAHUN AJARAN 2013/2014

Agus Budiman

Abstract

Sebagai negara yang menganut sistem demokrasi, setiap warga negara perlu diberikan pemahaman dan kemampuan mengaktualisasikan demokrasi di kalangan warga negara. Nilai-nilai demokrasi hendaknya dapat diaktualisasikan dalam kehidupan nyata melalui suatu transformasi yaitu melalui pendidikan, khususnya Pendidikan Kewarganegaraan yang merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang demokratis, memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan terhadap sikap demokratis Mahasiswa Tingkat II Pendidikan Sejarah Unigal Ciamis. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahamahasiswa Tingkat II Pendidikan Sejarah Unigal Ciamis tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 52 mahasiswa. Sampel diambil secara acak sebanyak 20 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar mahaasiwa, dan metode angket untuk mengukur sikap demokratis mahasiswa. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis korelasi dan regresi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa nilai korelasi antara prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan sikap demokratis Mahamahasiswa adalah 0,313 dan koefisien determinasi sebesar 9,8%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif antara prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan terhadap sikap demokratis Mahasiswa Tingkat II Pendidikan Sejarah Unigal Ciamis tahun ajaran 2013/2014Kata kunci: prestasi belajar, pendidikan kewarganegaraan, sikap demokratis

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Azra, Azyumardi. 2003. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Media

Azwar, Saifuddin. 2007. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Budiardjo, Miriam. 2009. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Horison Th. XL III, No. 8/2008, Agustus 2008. http://community.gunadarma.ac.id/blog/ view/id_13483/title_demokrasipancasila (diakses tanggal 12 Juli 521)

http://supandip4tkipsmlg.wordpress. com/2008/08/12/strategi-goodnews- class-meeting-dalam-pembelajaran- pkn/ (diakses tanggal 21 Juli 521)

http://suryanto.blog.unair.ac.id/2009/02/09/sikap-pengukuran-dan-prediksi-perilaku/(diakses tanggal 23 juli 524)

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/520/02/pendidikan-kewarganegaraan-3/(diakses tanggal 7Juli 521)

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/520/04/demokrasi-hukumdan-hak-asasi-manusia/(diakses tanggal 5 April 521)

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Purwanto, M. Ngalim. 1985. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya

Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sarwono, Wirawan Sarlito. 2003. Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: PT Bulan Bintang

Slameto. 520. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sofhian, Subhan dan Gatara, Asep Sahid. 521. Pendidikan Kewarganegaraan: Pendidikan Politik, Nasionalisme, dan Demokrasi. Bandung: Fokusmedia

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 520. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: RajaGrafi ndo Persada

Ubaedillah, A, dkk. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Demokrasi Hak asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah dan Prenada Media Group.

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Winarno. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Persekolahan: Standar Isi dan Pembelajarannya. Surakarta: UNS

Winkel, W. S. 1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia

Winkel, W.S. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: Grasindo

Yudohusodo, Siswono. 1996. Semangat Baru Nasionalisme Indonesia. Jakarta: Yayasan Pembangunan Bangsa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.