PERANG SHIFIN

Yat Rospia Brata

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang terjadinya Perang Shifin, proses terjadinya Perang Shifin, dan akibat yang ditimbulkan dari adanya Perang Shiffin. Metode yang digunakan adalah metode historis yang meliputi heuristik (pengumpulan data), kritik (pengujian), interpretasi (penafsiran), dan historiografi (penulisan karya ilmiah). Teknik pengumpulan data yang dugunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Studi ini dilakukan melalui pengumpulan data dengan mempelajari sumber-sumber pustaka yang dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk membahas, memahami, dan menunjang terhadap penelitian. Perang Shifin merupakan peperangan antara pihak Ali bin Abi Thalib  dan Muawiyah bin Abi Sufyan. Diawali ketika khalifah Ali bin Abi Thalib meminta Muawiyah meletakan jabatan gubernurnya, namun Muawiyah menolaknya, bahkan secara terang-terangan menentang Ali bin Abi Thalib.  Penolakan Muawiyah bin Abi Sufyan untuk meletakan jabatan gubernurnya, hal ini memaksa Ali untuk bertindak melawan Muawiyah bin Abi Sofyan. Maka terjadilah pertempuran antara pihak Ali melawan Muawiyah di kota tua Shifin dekat Sungai Eufrat, pada tahun 37 H. Dalam peperangan ini sebenarnya pasukan Muawiyah telah terdesak kalah dengan 7000 pasukannya terbunuh, dan menyebabkan mereka mengangkat Al Quran sebagai tanda damai dengan cara Tahkim. Adanya Perang Shifin yang diakhiri dengan peristiwa Tahkim yaitu perselisihan yang diselsaikan oleh dua orang penengah sebagai pengadil, namun tidak menyelesaikan masalah, kecuali menegaskan bahwa gubernur yang makar itu mempunyai kedudukan yang setingkat dengan khalifah, dan menyebabkan lahirnya golongan Khawarij, yaitu golongan yang keluar dari barisan Ali.Kata kunci: Perang Shifin dan Tahkim

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Abdul Djabar, Umar. (tanpa tahun). Ringkasan Nurul Yaqien. Awad abdulloh attamimi. Surabaya.

Ali bin Abi Thalib, al-Hasani an-Nadwi, Abul Hasan, Sirah Nabawiah (tanpa tahun). Sejarah Lengkap Nabi Muhammad Saw, Cet. ke-3, 2007. Mardhiyah Press. Jogjakarta .

Almaududi, Abul A’la. (2007). Khilafah dan Kerajaan. Mizan Media Utama. Bandung.

Amin, Samsul Munir. (2009). Sejarah Peradaban Islam. Amzah. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

As Syuthi, Imam. (2010). Tarikh Alkhulafa Ensiklopedia Pemimpin Umat Islam dari Abu Bakar Ash Shiddiq hingga Mutawakkil. Hikmah. Jakarta.

As-Suyuthi,Tarikh Al Khulafa. (2010). Ensiklopedia Pemimpin Umat Islam dari Abu Bakar hingga mutawakkil. Hikmah”pt mizan publika ”. Jakarta.

Daud, Ali bin Abi Thalib, Mohammad. (2011). Asas-Asas Hukum Islam191.

Hariwijaya, M. (2007). Metode Dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis Dan Disertasi. Elmatera Publishing. Yogyakarta.

Hart, Michael.H. (2009). 100 Orang pAli bin Abi Thalibng berpengaruh di dunia sepanjang sejarah. Hikmah, PT Mizan publika. Jakarta.

Hasan, Ibrahim Hasan. (1999 dan 2003). Sejarah Kebudayaan Islam. Kalam Mulia. Jakarta.

Hitti, K Philip. (2002). History of The Arabs. Seranbi. Jakarta.

Ibnu katsir. (2004). Edisi Indonesia Bidayah Wan Nihayah. Darul Haq. Jakarta

JabAli bin Abi Thalib, Fu’ad. (2010). Sahabat Nabi Siapa kemana, dan bagaimana?. Mizan Publika. Jakarta.

K, Ali bin Abi Thalib. (1996). Sejarah Islam (Tarikh Pramodern). Sri Gunting Divisi Buku Saku. Jakarta.

Latif, Osman. (1979). Ringkasan Sejarah Islam. Wijaya. Jakarta.

Moleong, Lexy. (2001). Metode Penelitian KuAli bin Abi Thalibtatif. Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nasution, Harun. (2002). Teologi Islam Ali bin Abi Thalibran Ali bin Abi Thalibran sejarah anAli bin Abi Thalibsis perbandingan. UI-Press. Jakarta.

Prayoga, Dian. (2011). Ringkasan Sejarah Nabi Besar Muhammad Saw dan Khulafaurasidin. Galuh Nurani. Ciamis.

Sayyid, majdi fathi. (2005). Mari mengenal khilafaur Rasidin, Gema Insani. Jakarta.

Sayyidina Ali bin Abi Thalib for Leader. (2009). Nasihat-nasihat Imam Ali bin Abi Thalib r.a kepada Negarawan. Gema Insani. Jakarta.

Siddiqi, ‘Amir Hasan. (1960). Studies in Islam History, Alma’arif . Bandung.

Supriadi, Dedi (2008). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta.

SyalAbi, Ahmad (2007). Sejarah dan Kebudayaan Islam Jilid 1. Pustaka Al Husna Baru. Jakarta.

Yaatim, Badri. (2008). Sejarah peradaban Islam. Raja Garafindo persada. Jakarta.

Alhusaini, Alhamid. (1978). Alhusain bin Ali bin Abi Thalib r.a. Pahlawan Besar dan Kehidupan Islam Pada Zamannya. Yayasan Waqfiyyah Al Hamid Al Husaini. Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.