Implementasi Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Materi Organisasi Pergerakan Nasional di Kelas XI MAN Sidoarjo
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Awaliyah, F., Aisiyah, A., Putra, F. E., & Santoso, E. (2022). Peradaban patriotisme dan nasionalisme: Generasi muda sebagai landasan pembangunan karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 62–72.
Bagus Brata, I., & Rai, I. B. (2023). Pendidikan sejarah memperkokoh identitas, jati diri, dan karakter bangsa. Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 14(2). Retrieved from http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/index
Fajriyah, I., & Itaqullah, V. B. (2021). Analisis pembelajaran IPS daring pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Jurnal Artefak, 119–126.
Febianti, Y. N. (2020). Peran reward and punishment dalam meningkatkan literasi pembelajaran ekonomi melalui pendidikan ber-Pancasila dengan meningkatkan rasa nasionalisme mahasiswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 50. https://doi.org/10.33603/ejpe.v8i1.2460
Firmansyah, H., & Chalimi, I. R. (2021). Urgensi dan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 4053–4063. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1483
Fitri, D. A., Aziz, M. F. A., & Fajriyah, I. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran sejarah pada kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Jurnal Artefak, 11(1), 65. https://doi.org/10.25157/ja.v11i1.13965
Hamna, & Windar. (2022). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan Kurikulum 2013 di masa pandemi Covid-19. Pendekar Jurnal: Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1–12.
Hartini, M. S., Adisel, A., & Fitriana, S. (2021). Implementasi kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dalam menstimulasi kemampuan calistung siswa kelas II SD. Journal of Elementary School (JOES), 4(1), 31–36. https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2025
Hasnah, & Shasliani, R. (2023). Phinisi integration review kearifan lokal. Jurnal Pendidikan, 818–823.
Imanulloh, F., Fajriyah, I., & Azis, M. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPS sejarah di SMPN 1 Sidoarjo. Jurnal Edukasi, 9(1), 2598–4187.
Kaunang, F., Dasfordate, A., Terry, H., & History, A. (2023). Budi Utomo dan kebangkitan nasional masa pergerakan Indonesia. Media Kajian Pendidikan Sejarah Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1).
Kuwoto, M. A., & Saputra, E. (2024). Memotret Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Upaya Membangkitkan Semangat Nasionalisme. Jurnal Artefak, 11(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.25157/ja.v11i1.10271
Kholiq, M. (2022). Analisa strategi mengembangkan bahan ajar untuk memahami pembelajaran mata pelajaran sejarah lokal. JESS: Jurnal Education Social Science, 12–23.
Mariatul Kibtiyah, A. (2022). Penggunaan model Project-Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan bernalar kritis pada materi mengklasifikasikan informasi wacana media cetak siswa kelas 5 sekolah dasar. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 82–87. https://doi.org/10.24176/jino.v5i2.7710
Novrianto, M. I., Sayono, J., & Ronal, R. (2024). Pengembangan media film tokoh-tokoh pergerakan nasional untuk menanamkan sikap nasionalisme melalui pembelajaran sejarah XI Madrasah Aliyah (MA) Ibadurrochman Malang. JESS: Jurnal Education Social Science, 37–57.
Nurdiansyah, N. (2021). Pemanfaatan sejarah lokal Kerajaan Siak sebagai sumber belajar untuk mengembangkan kesadaran sejarah siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(2), 518–526. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1341
Nurjannah, & Aci, N. H. (2019). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah kebudayaan. Jurnal Kajian Pendidikan Keislaman, 1–20.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7911–7915.
Rahman, A., Ahmadin, A., & Rifal, R. (2021). Peran Strategis Nahdlatul Ulama Dalam Penguatan Nasionalisme Kemanusiaan Untuk Menangkal Radikalisme. Jurnal Artefak, 8(2), 97-110. http://dx.doi.org/10.25157/ja.v8i2.5555
Somantri, D., Dewi, A., & Hayat, R. S. (2022). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam membentuk identitas kebudayaan siswa sekolah dasar. Retrieved from http://journal.medpro.my.id/index.php/jsd
Sudarto, S. (2021). Peningkatan apresiasi siswa terhadap nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran sejarah dengan media tradisi sedekah laut Cilacap. Jurnal Artefak, 8(2), 203-212. http://dx.doi.org/10.25157/ja.v8i2.6713.
Sudrajat, R., & Kumalasari, D. (2023). Transformasi social sciences pada kurikulum nasional (Studi historis mapel IPS jenjang SD, SMP, dan SMA). Jurnal Ilmiah CIVIS, XII(2).
Syarif, F. (2019). Integrasi nilai kearifan lokal terhadap penanaman nasionalisme bagi sekolah dasar. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 187–195.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif, dan metode penelitian kombinasi (mixed method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 2896–2910.
Refbacks
- There are currently no refbacks.