PEMANFAATAN METODE RESOURCE BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Sri Pajriah

Abstract

ABSTRAKFokus dalam tulisan ini adalah apakah yang dimaksud dengan metode Resource Based Learning dalam pembelajaran sejarah, apa saja kelebihan dan kelemahannya, bagaimana proses pembelajaran dan pemanfaatannnya dalam pembelajaran sejarah? Tujuan tulisan ini adalah untuk mengetahui metode Resource Based Learning dalam pembelajaran sejarah, kelebihan dan kelemahan, proses pembelajaran dan pemanfaatannya dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sedangkan lokasi penelitian ini di Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Universitas Galuh. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan studi pustaka, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode tersebut dapat memberikan manfaat bagi guru dan peserta didik. Salah satu manfaat metode Resource Based Learning bagi guru yaitu dapat menumbuhkan sikap kreatif dan inovatif untuk mengembangkan metode pembelajaran sejarah serta dapat mengakomodir heterogenitas peserta didik. Sementara manfaatnya bagi peserta didik, bahwa metode Resource Based Learning dapat menumbuhkan motivasi, minat, berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merekomendasikan kepada guru untuk menjadikan metode ini sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah. Untuk kepala sekolah diharapkan mengadakan pelatihan metode Resource Based Learning kepada para guru sejarah disertai dengan melengkapi fasilitas dan sumber-sumber belajar.Kata Kunci: Model Pembelajaran dan Resource Based LearningABSTRACTThe focus in this article is what is the Resource Based Learning method of teaching history, what are the advantages and disadvantages, how the process of learning and pemanfaatannnya in history? The purpose of this paper is to determine the Resource Based Learning method of teaching history, strengths and weaknesses, learning and utilization in the teaching of history. This study used qualitative research methods. While this research sites in History Education Studies Program Faculty of Teacher Training and Education Program of the University Galuh. Data collection techniques using literature study, observation and interviews. The results of this study indicate that the method can provide benefits for teachers and learners. One of the benefits of the methods Resource Based Learning for teachers that can foster creative and innovative attitude to develop methods of teaching history and can accommodate heterogeneity of learners. While the benefits to learners, that the Resource Based Learning method can foster motivation, interest, critical and creative thinking in the teaching of history. The study recommends to teachers to make this method as an alternative in the teaching of history. For principals are expected to hold a Resource Based Learning training methods for teachers of history along with complementary facilities and learning resources.Keywords: Learning Model and Resource Based Learning

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Abdul Majid. (2006). Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ann Bleakley & Jackie L Carrigan. (1994). Resource Based Learning Activities, USA: Pubhlising Service Inc.

Banathy,H.B. (1992). A Systems View of Education: Concept and Principles for Effective Practice. Englewood Cliffs : Educational Technologi Publications. CA.

BSNP. (2006). Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Brown, Sally & Brenda Smith. (1996). Resource Based Learning, London: Kogan Page.

Chaeruman, A Uwes. (http://www.teknologi pendidikan. net/?p=133)

Evelin Siregar, “Pengembangan Belajar Berbasis Aneka Sumber (Bebas)” dalam http://www. teknologipendidikan.net/wp-content/uploads/2008/02/eveline_belajar_berbasis_aneka_ sumber. PDF.

Hasan, S. Hamid. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia: Isu Dalam Ide dan Pembelajaran. Bandung: Rizki Press.

Lincoln and Guba. (1985). Naturalistic Inquiry, London: Sage Publication Beverly Hills.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Michael J. Hanaffin dan Janette R. Hill, “Resource-Based Learning” dalam http:/www.aect.org /edtech /edition3/ER5849x_C040.fm.pdf, h. 525.

Nasution, S. (2009). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Sri Widawati, “Strategi Meningkatkan Kreativitas Mendesain Busana Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Resource Based Learning”, dalam http://jurnal.pdii.lipi. go.id/admin/jurnal/21062841.pdf

Moleong, L.J. (2007). Metodologi Pendekatan Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya. Surakhmad, W (2000). Ibarat Rumah Yang terbakar, Kompas, 11 February 2000.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.