PEMANFAATAN SITUS SEJARAH PAHLAWAN MARI LONGA SEBAGAI MEDIADALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 ENDE

Fransiskus Xaverius Rema, Karolus Charlaes Bego, Damianus Rikardo Sumbi Wasa

Abstract


Penelitian ini mengacu pada proses pembelajaran tentang pemanfaatan situs Sejarah Pahlawan Marilonga Sebagai Media dalam pembelajaran sejarah yang banyak tersebar di kabupaten Ende dan di Watunggere khususnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui perencanaan pembelajaran sejarah pemanfaatan media situs Sejarah Pahlawan Marilonga kelas XI SMAN 1 Ende, 2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran pemanfaatan media situs Sejarah Pahlawan Marilonga kelas XI SMAN 1 Ende, 3) Mengetahui dampak pembelajaran sejarah pemanfaatan media situs Sejarah Pahlawan Marilonga kelas XI SMAN 1 Ende. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif deskriptif menuju arah studi kasus tunggal terpancang (embedded case study research). Hasil penelitian menjelaskan bahwa situs sejarah pahlawan Marilonga merupakan salah satu warisan sejarah di daerah yang dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah sesuai denganlangkah-langkah kurikulum 2013. Relevansi pembelajaran dengan memanfaatkan media situs Sejarah Pahlawan Marilonga dengan kegiatan belajar mengajarmelaui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan dampak pembelajaran. Setiap tahap pelaksanaan pembelajaran membutuhkan keterlibatan aktif, ketelitian guru dalam menyusun, menyampaikan, dan memfasilitasi aktivitas belajar agar siswa dapat memahami secara baik proses pembelajaran.This research refers to the learning process about the utilization of the Historical Site of the Marilonga Heroes as a Media in learning history which is widely spread in Ende district and in Watunggere in particular. The purpose of this study is 1) Knowing the learning planning history of the use of media sites of the History of Marilonga Heroes class XI 1ND Ende, 2) Knowing the learning implementation of the use of media sites of the Heroes of Marilonga History class XI SMAN 1 Ende, 3) Knowing the impact of historical learning on the use of media sites History Heroes of Marilonga in class XI of SMAN 1 Ende. This type of research is descriptive qualitative research leading to a single embedded case study (embedded case study research). The results of the study explained that the historical site of the Mari Longa hero was one of the historical legacies in the area that could be used in historical learning in accordance with the 2013 curriculum steps. The relevance of learning by using the Marilonga Heroes History media site with learning activities through learning planning, implementation, and impact of learning. Each stage of the implementation of learning requires active involvement, the accuracy of the teacher in compiling, delivering, and facilitating learning activities so that students can understand the learning process well.

Keywords


Pembelajaran Sejarah; Media Pembelajaran; Situs Pahlawan Mari Longa

References


Atno. 2010. Meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa melalui pendekatan Pembelajaran kontekstual dengan media VCD pembelajaran. Jurnal Paramita Vol. 20, No. 1 - Januari 2010 [ISSN: 0854-0039] Hlm. 92-104

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran: peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Davidson, G. dan C Mc Conville. 1991. A Heritage Handbook. St. Leonard, NSW: Allen & Unwin.

Gottschalk, L. 2008. Mengerti Sejarah. Jakarta: UI Press Kuntowijoyo. 2003. Metodologi sejarah (Edisi kedua). Yogyakarta: Tiara Wacana.

Hamalik. 2013. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Kochhar, S. K. 2008. Pembelajaran Sejarah: Teaching of History. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Syafrudin, N. 2005. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Quantum Teaching.

Syaodih, N. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Rosda karya.

Sutopo, H. B. 1996. Metode Penelitian Kualitatif: Metode Penelitian untuk Ilmu-ilmu Sosial dan Budaya. Jurusan Seni Rupa Fak. Sastra UNS: Surakarta.

Sutopo, H. B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar, Teori dan Penerapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press

Winfred F. Hill. 2012. Theories of Learning: Teori-Teori Pembelajaran: Konsepsi, Komparasi dan Signifikasi. Bandung: Nusa Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ja.v8i1.3840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Terakreditasi Peringkat 4 based on Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. SK : 23/E/KPT/2019 tentang Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah periode 4 tahun 2019