ANALISIS PEMBELAJARAN IPS DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 TARIK SIDOARJO

Izzatul Fajriyah, Vici Biantami Putri Itaqullah

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19 yang dilakukan secara online (dalam jaringan). Penelitian ini juga menjelaskan faktor-faktor dalam proses pembelajaran IPS daring di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pada penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Subjek yang digunakan adalah guru IPS dan beberapa siswa SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS daring dilakukan dengan beberapa aplikasi. Aplikasi yang digunakan yaitu google classroom, google meet, dan whatsapp group. Dalam hal ini dibutuhkan kreativitas seorang guru untuk pencapaian tujuan pembelajaran. Kendala yang dialami siswa yaitu tentang pemahaman materi dan keterbatasan akses internet. Upaya pemecahannya adalah dilakukan kerjasama antara guru dan orang tua siswa dalam pembelajaran IPS daring di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo.This study aims to analyze how the learning process during the covid-19 pandemic was carried out online (in the network). This study also explains the factors in the online social studies learning process at SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. This study uses a qualitative method. In this study, the data collection methods used were observation and interviews. The subjects used were social studies teachers and several students of SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. The results showed that online social studies learning was carried out with several applications. The applications used are google classroom, google meet, and whatsapp group. In this case, teacher's creativity is needed to achieve learning objectives. Constraints experienced by students are about understanding the material and the limitations of internet access. The solution is to collaborate between teachers and parents in online social studies learning at SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo.

Keywords

Pembelajaran Daring; Mata Pelajaran IPS; Pandemi Covid-19

References

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Asmuni. (2020). Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288.

Budiyono, F. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam belajar pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di SDN gapura timur I sumenep. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 60. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2516

Nugrahani, F. (2014). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 信阳师范学院, 1(1), 305. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org

Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress, 6–11. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Purwanti, H. (2013). Lembaran Ilmu Kependidikan. 42(2), 107–115.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.

Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and e-learning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 1925–1930. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029

Lasapa, N., & Dkk. (2017). Upaya Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 02 Pongian Kecamatan Bunta. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(1), 74–90.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education, 14(2), 129–135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771

Purba, I. P. M. H. (2021). Implementasi Undang-UndangNomor 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan di Jawa Timur Menghadapi Pandemi COVID-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 4, 1–11.

Amalia, R.U., Isnaeni, B., Purwanti,. Hanafi, Y. (2020). Analisis Kendala Peserta Didik dalam Pembelajaran Online Materi Biologi di SMP Negeri 3 Bantul.pdf. Jurnal Bio Education, 5, 10–15.

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–95.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati, S. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1–5.

Susiani, Pargito, M. T. B. S. J. (2016). Peningkatan Minat Dan Aktivitas Belajar IPS Menggunakan Media Wayang Kardus Pada Siswa 1, Jurnal Studi Sosial Vol 4, No 1 (2016). Jurnal Studi Sosial, 4(1), 53–60.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.