EKSPLORASI ASPEK HISTORIS MASJID JAMI’ AL-ANWAR DALAM PROSES ISLAMISASI DI TELUK BETUNG SELATAN, LAMPUNG

Meta Iskarina, Nunung Yuliana Yuliana, Tina Wulandari, Rinaldo Adi Pratama

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah serta perkembangan Masjid Jami’ Al-Anwar dalam proses Islamisasi di Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode historis yang meliputi heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian menyatakan bahwa Masjid Jami’ Al-Anwar merupakan masjid tertua di Provinsi Lampung yang pada zaman dahulu digunakan sebagai proses Islamisasi di Lampung. Masjid Jami’ Al-Anwar sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat dari waktu ke waktu. Masjid Jami’ Al-Anwar memiliki banyak benda bersejarah yang tersimpan dalam komplek Masjid Jami’ Al-Anwar seperti Al-Qur’an tertua di Lampung yang berasal dari Arab Saudi tahun 1934, meriam peninggalan Portugis pada tahun 1111 M, gentong air bercorak Chinese, sebuah sumur tua buku-buku dan arsip peninggalan Belanda dan Portugis.

Keywords

Masjid Jami’ Al-Anwar, Islamisasi, Lampung

References

Daulay, H.P. 2020. Proses Islamisasi di Indonesia: Tinjauan dari Berbagai Aspeknya. Jurnal Kajian Islam Kontemporer. 1 (2): 42.

Fachruddin. 2008. Risalah Masjid Jami’ Al-Anwar Teluk Betung. Bandar lampung: Yayasan Masjid Jami’ Al-Anwar.

Febriadi, Z. 2013. Tinjauan Historis Masuk dan Berkembangnya Islam di Teluk Betung. Digital Library Universitas lampung. 11.

Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Maulana, A. (2017). Idarah Masjid (Studi Kasus Pada Masjid Jami’ Al- Anwar Kota Bandar Lampung). Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Mulyono. (2017). Rekonstruksi Peran dan Fungsi Masjid Sebagai Pusat Kegiatan Pendidikan Islam. MUADDIB: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman. 7 (1). 25-28.

Sanjani, A.H. (2018). Strategi Dakwah oleh Pengurus Masjid Upaya Memakmurkan Masjid Jami’ Al-Anwar Teluk Betung, Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Rade Intan Lampung.

Sapuri, R. (2010). Masjid-masjid Bersejarah di Indonesia. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.

Saputra, A dan Kusuma, B.M.A.D. (2017). Revitalisasi Masjid dalam Dialektika Pelayanan Umat dan Kawasan Perekonomian Rakyat. Al-Idarah. 1 (1): 2.

Syaipullah, M. 2018. Fungsi dan Peranan Masjid Jami al- Anwar dalam Penyebaran Islam. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Wijayati, M. (2011). Jejak Kesultanan Banten Di Lampung Abad XVII. Jurnal Analisis. 11 (2). 383-385.

Wawancara dengan bapak Kaharuddin selaku Ketua Takmir Masjid Jami’ Al-Anwar, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, pada tanggal 15 Oktober 2021.

Wawancara dengan bapak Totom selaku Marbot Masjid Jami’ Al-Anwar, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, pada tanggal 16 Oktober 2021.

Refbacks