BATU AKIK SEBAGAI BUDAYA POPULER

Yagus Triana HS

Abstract


Penelitian ini berjudul “Batu Akik Sebagai Budaya Populer”. Pembahasan ini, penjelasan bagaimana batu akik menjadi budaya populer di Indonesia. Bahasan sejarah dan perkembangan batu akik akan dijadikan sebagai bahasan dalam penulisan jurnal ilmiah ini. Adapun penjelasan mengenai nilai-nilai budaya, kekuasaan, ekonomi dan ideologi yang terkait dengan konsep hegemoni. Metode dalam pembahasan penelitian jurnal ilmiah ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Cara pengumpulan data berupa studi pustaka yang sesuai, akan dijadikan bahan literatur untuk penulisan jurnal ilmiah ini. Hasil penelitian ini kemudian akan menjelaskan tentang definisi budaya populer atau pop culture, sejarah perkembangan batu akik, karakter budaya populer, dan bagaimana batu akik dewasa ini bisa menjadi budaya pop di Indonesia.

This research entitled "Gemstone As Popular Culture". In this research, the authors explain how gemstone into popular culture in Indonesia. Explanation of the history and development of agate in Indonesia will serve as an introduction to this paper. The explanation of the values of culture, power, economy and ideology associated with hegemony. This research method using a qualitative analysis approach. Technique data collecting relevant literature will be used as material for the writing of this literature. The results of this study describes the definition of popular culture, historical development of agate, character of popular culture, and how gemstone can be popular culture in Indonesia.


Keywords


Batu Akik; Budaya; Budaya Populer

Full Text:

PDF

References


Barker, C. (2011). Cultural Studies: Theory and Practice: SAGE Publications.

Bungin, Burhan. 2011. Kontruksi Sosial Media Massa. Kencana.

Dwiatmini, Sriati. 2011. Upacara Adat Seren Taun Pada Masyarakat Kampung Budaya Sindangbarang Desa Pasireurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor: Analisis Fungsional. Bandung: Tesis.

Fiske, John. 2005. “Understanding Popular Culture” dalam John Fiske, Reading the Popular, London & New York: Unwin Hyman.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. : PT Rineka Cipta: Jakarta.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Raco. J. R. M. E. 2010. Metode Penelitian Kualitatif (Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya). Jakarta: Grasindo.

Sedyawati, E. (2014). Kebudayaan di Nusantara: Dari Keris, Tor-tor, sampai Industri Budaya. Jakarta: Komunitas Bambu.

Strinati, D. (2009). Popular Culture: Pengantar Menuju Teori Budaya Populer (A. Muchid, Trans.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ja.v4i1.705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Terakreditasi Peringkat 4 based on Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. SK : 23/E/KPT/2019 tentang Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah periode 4 tahun 2019