ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMKN 1 WONOSARI (Studi Pada Pembelajaran Sejarah)

Suyanti Suyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) perencanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah, (2) pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah, dan (3) penilaian pendidikan karakter dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan kasus tunggal karena penelitiannya hanya dilakukan pada satu sasaran (satu lokasi atau satu objek), sehingga strategi penelitian yang relevan adalah studi kasus (study case). Tehnik pengumpulan datanya menggunakan teknik nontes (angket, observasi, wawancara, dan dokumen). Untuk mengecek keabsahan data digunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) perencanaan penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah diawali dengan menyusun berbagai perangkat pembelajaran seperti Silabus, Format Penilaian, dan RPP. (2).Pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMKN 1 Wonosari secara keseluruhan sudah mengintegrasikan nilai-nilai karakter, melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup. (3). Penilaian pembelajaran Sejarah di SMKN 1 Wonosari berdasarkan RPP yang dibuat guru sejarah sudah meliputi penilaian afektif. Penilaian dilakukan melalui pengamatan, soal, dan diskusi klasikal. Berdasarkan hasil yang diperoleh penelitian ini, dapat disimpulkan penanaman nilai karakter dapat diintegrasikan melalui pembelajaran sejarah di SMKN 1 Wonosari.

The purpose of this research is (1) character education planning through learning history, (2) implementation of character education through learning history, and (3) character education assessment in teaching and learning activity. This study uses a single case because the research is only done on one target (one location or one object), so that the relevant research strategy is a case study (study case). Data collection techniques using techniques nontes (questionnaires, observations, interviews, and documents). To check the validity of data used triangulation method and source. The results obtained in this study are (1) planning the application of character education in learning History begins by arranging various learning tools such as Prota, Promes, Syllabus, Assessment Format, and RPP. (2) .The implementation of history learning in SMKN 1 Wonosari as a whole has integrated character values, through preliminary, core, and closing stages. (3). Historical learning assessment in SMKN 1 Wonosari based on RPP made by history teacher have included affective assessment. Assessment is done through observation, questions, and classical discussions. Based on the results obtained by this research, it can be concluded that the planting of character values can be integrated through learning history in SMKN 1 Wonosari.

Keywords


Pembelajaran Sejarah; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. 2013. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Anik Ghufron. 2010. Integrasi Nilai-nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pemblajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan (Nomor ISSN: 0216-1370). Hal. 13-24.

Fatchul Mu’in. 2011. Pendidikan Karakter: Kontruksi Teoritik & Praktik. Yoyakarta:Ar-Ruzz Media.

Hariyono, 1992, “Pengajaran dan Eigenwelt Subjek Didik”. Historika Nomor 6 Tahun IV. Surakarta: Program Pasca Sarjana IKIP Jakarta KPK UNS.

Kardiyat Wiharyanto, 2001, Model Pembelajaran Sejarah, Jakarta: Grafindo.

Kartodirdjo, Sartono. Fungsi Sejarah dalam Pembangunan Nasional”, dalam historika no 1 tahun 1, Surakarta : Program Pasca Sarjana Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta KPK Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kontowijoyo, 1994, Metodologi Sejarah. Yogyakarta; Tiara Wacana.

Isdisusilo, 2012, Panduan Lengkap Menyusun Silabus Dan RPP, Jakarta: Kota Pena.

Salirawati, Das. 2012. Percaya Diri, Keingintahuan dan Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal UNY.

Subini, Nini. 2013. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Sulistyowati, Endah. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.

Tilaar, H.A.R. 2009. Membenahi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Prespektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3. Jakarta: Eka Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ja.v4i1.734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Terakreditasi Peringkat 4 based on Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. SK : 23/E/KPT/2019 tentang Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah periode 4 tahun 2019