ANALISIS KREDIT PERBANKAN, BELANJA PUBLIK, PERTUMBUHAN PENDUDUK, DAN KETIMPANGAN PENDAPATAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMISKINAN

Sukomo Sukomo

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana posisi  kredit  perbankan, belanja untuk sektor publik dengan proxy belanja modal, pertumbuhan penduduk, dan ketimpangan pendapatan mempengaruhi tingkat kemiskinan di Jawa Barat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis posisi  kredit  perbankan, belanja untuk sektor publik dengan proxy belanja modal, pertumbuhan penduduk, dan ketimpangan pendapatan implikasinya terhadap tingkat kemiskinan di Jawa Barat. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatoris dengan sifat penelitiannya adalah verifikatif. Data yang digunakan adalah data panel yang merupakan gabungan data time series tahun 2005-2015 dan data cross saction daerah Kabupaten dan Kota di Jawa Barat. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik  Panel Data Regression Model dengan metode Two Stage Least Square dengan pendekatan  random effect. Hasil penelitian posisi kredit perbankan, Pengeluaran pemerintah untuk belanja publik dengan proxy belanja modal, pertumbuhan penduduk, dan ketimpangan pendapatan masyarakat berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan di kabupaten dan kota di Jawa Barat. Temuan hasil penelitian adalah: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara posisi kredit perbankan dengan tingkat kemiskinan di Kabupaten dan Kota di Jawa Barat. (2) Terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara pengeluaran pemerintah untuk belanja publik dengan proxy belanja modal dengan tingkat kemiskinan di Kabupaten dan Kota di Jawa Barat. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pertumbuhan penduduk dengan tingkat kemiskinan di Kabupaten dan Kota di Jawa Barat. (4) Terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara ketimpangan pendapatan masyarakat yang diukur dengan koefisien Gini dengan tingkat kemiskinan di Kabupaten dan Kota di Jawa Barat.

Keywords

Kemiskinan, Posisi Kredit Perbankan, Belanja Modal, Pertumbuhan Penduduk, Koefisien Gini

Full Text:

PDF

References

Bidani, B and Ravallion. 1997. Decomposing Social Indicators Using Distributional Data. Journal of Econometrics: (77): 125-39.

BPS dan BAPEDA Provinsi Jawa Barat. PDRB Kabupaten/Kota di Jawa Barat Menurut Lapangan Usaha 2005 – 2015.

Dollar, D. and Kraay. A. 2000. “Trade, growth, and poverty”. World Bank Policy Research. Working Paper No. 2615.

Fan, Shenggen, Peter Hazell and Sukhadeo Thorat. 1999. Linkages Between Government Spending. Growth. and Poverty in Rural India. International Food Policy Research Institute. Washington. DC. Research Report. 110.

______. 2007. Linkages Between Government Spending. Growth. and Poverty in Rural India and China. Food Policy For Developing Countries: The Role of Government In The Global Food System. Case Study 9-2.

Honohan, Patric. 2004. Financial Development. Growth and Poverty: How Close are the Links. World Bank Policy Research Working Paper 3203. February 2004

Jalilian, Hossein dan Colin Kirkpatrick. 2001. Financial Development and Poverty Reduction in Developing Countries. Finance and Development Researh Programme. Working Paper. Paper No. 30. Institute for Development Policy and Management. University of Manchester.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Ekonomi Pembangunan: Teori. Masalah. dan Kebijakan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Laabas, Belkacam and Imed Liman. 2004. Impact of Public Policies on Poverty. Income istribution and Growth. Paper Prepared in the Context of the IFPRI/API Collaborative Research Project. Public Policy and Poverty Reduction in the Arab Region.

Lestari, Fatin Catur. 2008. Kemiskinan dan Pengeluaran Pemerintah untuk Infrastruktur. Studi Kasus Indonesia. 1976-2006. Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor. Juli 2008.

Odhiambo, Nicholas M. 2010. Financial deepening and poverty reduction in Zambia: an empirical investigation. International Journal of Social Economics. 37 (1): 41-53.

Pradhan, Rudra P. 2010. The Nexus Between Finance. Growth and Poverty in India: The Cointegration and Causality Approach. Asian Social Science. 6 (9):114.

Thomas, Vinod, et.al. 2001. The Quality Of Growth (Kualitas Pertumbuhan), diterbitkan untuk Bank Dunia, Jakarta, Gramedia.

Zhuang, Juzhong. et.al. 2009. Financial Sector evelopment. Economic Growth. and Poverty Reduction: A. Literature Review. ADB Economics Working Paper Series No. 137.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.